Tips Memulai Bisnis Restoran, Dijamin Sukses! – Majikanpulsa.com

Majikanpulsa.com – Tips Memulai Bisnis Restoran, Dijamin Sukses! – Majikanpulsa.com

#Tips #Memulai #Bisnis #Restoran #Dijamin #Sukses #Majikanpulsa.com

Ingin membuka usaha? Membuka restoran adalah salah satu ide bisnis yang paling seru, lho! Jika warung makan ramai, bukan tidak mungkin mereka akan membuka restoran besar.

Tertarik? Berikut alasan, tips sukses, dan perkiraan biaya membuka usaha restoran yang perlu diperhatikan. Ayo, dengarkan!

Alasan Membuka Usaha Restoran

bisnis restoran

Pemilihan restoran untuk dijadikan ide bisnis tidak lepas dari berbagai alasan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Potensi Pasar yang Besar

Makan adalah kebutuhan dasar manusia. Kegiatan tersebut dilakukan berulang kali setiap hari, sehingga potensi pasarnya sangat besar. Membuka restoran merupakan peluang bisnis yang tidak akan pernah mati.

  Satpol PP Pergoki Truk Diduga Buang Limbah B3 di Lapangan Bekasi: Airnya Hitam dan Bau

Berbeda dengan bisnis lain, seperti jualan pulsa. Adanya media sosial memudahkan banyak orang untuk berkomunikasi sehingga tidak perlu kredit. Kebutuhan pulsa tergantikan oleh paket data atau internet untuk mengakses jejaring sosial.

2. Modal Terjangkau

Modal yang dibutuhkan cukup masuk akal apalagi jika skala restorannya masih kecil. Jumlah makanan yang terjual disesuaikan dengan perkiraan porsi yang bisa terjual dalam satu hari. Jika Anda memperkirakan dapat menjual 50 makanan sehari, maka jumlah makanan yang Anda masak cukup untuk bagian ini.

Jika modal tidak cukup, Anda dapat mengurangi saham menjadi 35 saham. Cukup fleksibel bukan? Yang utama adalah memastikan menu makanannya enak, agar warungnya laris dan modalnya bisa digunakan untuk memperbesar skala usaha nantinya.

3. Strategi bisnis yang mudah dipahami

Strategi bisnis restoran cukup mudah dipahami, karena tidak ada perantara dalam penjualannya. Hubungan hanya antara Anda dan pembeli. Sebaliknya, jika bisnis berkembang, mungkin perlu menerapkan strategi yang lebih kompleks agar warung makan menjadi lebih dikenal,

Misalnya, berpromosi di media sosial, membuat iklan, atau menggunakan jasa pemberi pengaruh. Anda juga perlu memikirkan cara kemasan-agar makanan terlihat menarik. Tentu saja ada pengguna yang ingin membawanya pulang atau bawa kembali.

4. Risiko Rendah

Salah satu resiko membuka usaha rumah makan atau rumah makan adalah makanannya tidak laku. Untung makanannya bisa dimakan sendiri atau dibagi dengan pekerja dan tetangga. Itu pun jika makanan tersebut termasuk makanan yang mudah rusak.

  Analisis teknikal saham: definisi, pola, indikator dan caranya

Jika menu makanan yang dijual adalah makanan beku, tentu lebih menguntungkan. Anda masih bisa menyimpannya di lemari es jika tidak laku, agar tekstur dan rasa makanan tidak rusak. Jika warung makan semakin populer dan permintaan semakin meningkat, Anda bisa menambah stok produk.

5. Fasilitas Distribusi Kipas Angin

Bagi yang suka memasak, membuka restoran adalah ide bisnis yang cerdas. Fokus utamanya bukan lagi sekedar mencari untung, melainkan menekuni hobi yang mungkin selama ini terpendam. Sehingga, motivasi dan semangat untuk berbisnis semakin tinggi.

Itulah hobi, Anda harus berusaha sebaik mungkin agar orang lain puas dengan hasilnya. Anda menjadi aktif bereksperimen untuk membuat hidangan yang berbeda dari yang lain. Meski gagal, semangatmu tidak redup begitu saja.

Baca Juga : Contoh Proposal Usaha Makanan dan Minuman Saat Ini

Perkiraan Biaya Membuka Usaha Restoran

Bicara soal biaya, tentu tergantung besar kecilnya warung makan yang dibuka. Semakin besar skalanya, semakin besar biayanya. Berikut perkiraan biaya pembukaan usaha rumah makan skala kecil.

  Emoney: Solusi Tepat Buat Milenial yang Suka Belanja Online
Membeli kotak pajangan dan meja panjang untuk dimakan Rp 1.500.000
Peralatan memasak Rp 700.000
Biaya transportasi Rp 200.000
Bahan baku Rp 6.000.000
Biaya dan biaya keamanan Rp300.000
Gas memasak Rp400.000
Peralatan rias Rp400.000
Biaya lain-lain Rp 500.000
Jumlah Rp 10.000.000

Dari contoh perhitungan di atas, estimasi biaya yang dibutuhkan adalah Rp 10.000.000. Total keuntungan yang didapat diperkirakan Rp 3.000.000 hingga Rp 4.000.000 per bulan. Tugas Anda selanjutnya adalah memperhatikan tips memulai bisnis restoran, agar bisnis Anda sukses.

Tips Sukses Memulai Bisnis Restoran

tips bisnis restoran

Siapa yang mencoba menolak untuk berhasil? Untuk mencapai kesuksesan tersebut, ada tips yang perlu dilakukan. Tips sukses sebagai berikut.

1. Tentukan Konsepnya

Pertama, tentukan konsepnya terlebih dahulu. Semakin unik konsepnya, semakin bagus karena daya tariknya lebih tinggi. Konsep tersebut terkait dengan desain dan cita rasa restoran.

Ada yang modern, tradisional, nyaman, atau acak Barat. Jika sudah menemukan konsep yang tepat, kini tinggal memikirkan tata letak peralatan di restoran, menu makanan, dan cara penyajiannya. Semuanya harus sesuai dengan konsep berkelanjutan.

  Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit

2. Ciptakan Restoran yang Nyaman

Sekali pengguna nyaman, sulit untuk berpindah ke lain hati. Penting untuk menciptakan rasa senyaman mungkin agar konsumen menjadi pelanggan setia di restoran Anda. Kenyamanan bisa dari desain restoran, cara penyajian, kemudahan metode pembayaran, dan lainnya.

Anda dapat menemukan referensi restoran yang nyaman di internet. Bagaimana mereka memadukan satu aspek dengan aspek lainnya sedemikian rupa untuk menciptakan kenyamanan itu. Dari sana, Anda dapat menerapkannya ke restoran Anda.

3. Rasa Berkualitas

Kurang nyaman, ya! Yang namanya restoran harus bisa menawarkan menu makanan dengan kualitas rasa alias enak di lidah. Enak disini bisa dari bumbu makanan dan teksturnya.

Selain itu, kualitas higienitas makanan juga perlu diperhatikan. Pastikan bahan makanan yang digunakan segar, karena bahan baku yang digunakan dalam memasak sangat mempengaruhi hasil akhir. Anggap pelanggan sebagai keluarga yang ingin Anda masak makanannya, sehingga Anda benar-benar memperhatikan kualitas makanannya.

Baca Juga: Sejarah Subway, Pengecer Makanan Cepat Saji Amerika di Seluruh Dunia

4. Lokasi Strategis

Salah satu kunci sukses sebuah rumah makan atau rumah makan adalah lokasi. Pemilihan lokasi yang strategis diyakini mampu meningkatkan penjualan berkali-kali lipat dibanding sebelumnya. Karena itu, perhatikan lokasi penjualan.

  AS Akan Akhiri Darurat Bencana Covid-19 Mei | Republika Online

Nggak cuma harus di tengah kota, karena di pinggir kota juga oke. Yang terpenting lokasinya banyak dilalui kendaraan atau dekat dengan gedung perkantoran dan sekolah. Warung makan dijamin ramai setiap harinya, pelanggan yang datang pun berbeda-beda setiap harinya.

5. Harga Terjangkau

Siapa target pasar Anda? Jika targetnya adalah karyawan, buatlah harga makanan terjangkau bagi karyawan. Misalnya, untuk sebungkus nasi dengan ayam goreng, Anda bisa menagih Rp 15.000.

Jika targetnya adalah anak sekolah, harganya harus lebih terjangkau yaitu Rp 10.000 dengan menu yang sama. Harga tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengurangi ukuran ayam goreng dan tidak memasukkan sayuran ke dalam menunya. Harga yang tepat memberikan kontribusi besar bagi keberlangsungan bisnis Anda.

6. Pekerja Keras

Membangun bisnis tidak bisa dilakukan sendiri. Anda membutuhkan karyawan untuk membantu menjalankan operasi bisnis. Dalam hal ini, pilihlah karyawan yang ulet, mau belajar, jujur, dan disiplin terhadap aturan.

Anda dapat melakukan proses seleksi karyawan untuk dipekerjakan di restoran. Di sisi lain, Anda sebagai bos harus bisa menjadi pemimpin yang baik. Dalam artian, menjadikan karyawan sebagai partner bisnis agar jarak kerja tidak terlalu terlihat.

  Solusi Konsultasi Bisnis untuk UMKM

7. Lakukan Merek

Apakah Anda ingin restoran Anda menjadi terkenal? Cara mudahnya adalah dengan melakukannya merek di media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau memasang iklan di platform tertentu. Kemudian, mintalah teman atau keluarga untuk membantu mempromosikan akun tersebut ke kerabat.

Kelola akun media sosial Anda sebaik mungkin. Jangan lupa posting menu makanan, minuman, getaran di restoran, dan pengunjung yang hadir. Aktiflah di media sosial untuk memperluas jangkauan bisnis Anda.

8. Kerjasama dengan Pemasok

Pastikan Anda memiliki pemasok terpercaya untuk memasok makanan. Jika Anda kehabisan bahan baku, Anda tidak perlu repot membelinya. Cukup hubungi supplier, maka bahan baku akan langsung diantar.

Lebih praktis, bukan? Selain itu, harga bahan baku juga lebih murah karena jumlah sampel yang banyak. Temukan dua atau tiga pemasok sekaligus, sehingga ketika salah satu pemasok kehabisan stok, Anda masih memiliki pemasok cadangan untuk memasok bahan baku.

9. Buku Transaksi

Jangan lupa untuk mencatat transaksi agar bisa mengetahui jumlah omzet yang diperoleh dalam periode tertentu. Setiap bulan pasti berbeda. Pembukuan ini bisa Anda gunakan sebagai bahan perbandingan untuk evaluasi bisnis nantinya.

  Apa itu UMKM? Pengertian Hingga Jenis UMKM | Kertas Blog.id

Jika penghasilan bulan ini lebih kecil dari bulan lalu, Anda tahu bedanya. Begitu juga saat terjadi kerugian, Anda mengetahui jumlah kerugiannya. Buku besar membuat keuangan bisnis transparan, jadi sepertinya tidak ada yang tertutup.

Bisnis Restoran merupakan Bisnis yang Menjanjikan

Ingin buka usaha, tapi tidak tahu mau buka usaha apa? Bisnis restoran bisa menjadi pilihan karena tidak ada matinya. Dalam jangka panjang, bisnis ini sangat menjanjikan asalkan dikelola dengan baik.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Insentif, Tujuan Memberi, dan Manfaat Bagi Perusahaan dan Karyawan


Tips Memulai Bisnis Restoran, Dijamin Sukses! – Majikanpulsa.com

#Tips #Memulai #Bisnis #Restoran #Dijamin #Sukses #Majikanpulsa.com

Source: www.cermati.com