30 Tips Membeli Rumah Pertama: Panduan Lengkap Memilih Rumah Impianmu

30 Tips Membeli Rumah Pertama: Panduan Lengkap Memilih Rumah Impianmu, Membeli rumah merupakan investasi penting, maka pastikan Anda telah membuat perencanaan yang matang. Terdapat beberapa tips untuk membeli rumah pertama yang aman dan sesuai kebutuhan, antara lain membandingkan harga, mempelajari pasar, mencari tahu tentang peraturan pajak, mendapatkan perlindungan asuransi, memeriksa kualitas rumah, membayar uang muka yang cukup, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk meminta bantuan tenaga ahli seperti agen properti, pengacara, dan ahli keuangan. Dengan melakukan semua hal ini, Anda dapat memiliki rumah impian Anda dengan nyaman dan aman.

Tips membeli rumah pertama bagaimana? Pembelian rumah pertama menjadi salah satu keputusan terpenting dalam hidup seseorang. Tidak hanya menyangkut aspek finansial, tapi juga pertimbangan lokasi, fasilitas, dan banyak hal lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa tips yang bisa membantu Anda membeli rumah pertama dengan lebih mudah dan efisien?

Perhitungan KPR rumah pertama juga perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli hunian impian. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 30 tips berguna bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli rumah pertama. Mulai dari mengatur keuangan, mencari lokasi yang tepat, hingga mempertimbangkan fasilitas yang dibutuhkan. Kami juga akan memberikan tips untuk membandingkan harga dan memilih agen properti yang tepat.

Jadi, jika Anda sedang bingung dalam membeli rumah pertama, jangan lewatkan artikel ini. Kami yakin bahwa dengan mengikuti tips yang akan kami berikan, Anda akan dapat membeli rumah pertama yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda dengan lebih mudah. Selamat membaca!

30+ Tips Beli Rumah Pertama

Memilih rumah pertama, tidak bisa dengan sembarangan,dibutuhkan dana, kemampuan membayar, serta banyak hal yang dipertimbangkan. Ada beberapa tips  untuk membeli rumah yang patut Anda pertimbangkan yakni:

1. Perhatikanlah Kebutuhan Keluarga

Sebelum memastikan untuk membeli rumah, maka Anda harus memperhatikan kebutuhan keluarga, Anda dapat memulai dengan memutuskan berapa jumlah kamar yang akan dibutuhkan? Apakah memerlukan garasi mobil, apakah memerlukan taman yang luas? Anda bisa mulai menyiapkan semua itu dengan menyesuaikan dengan kebutuhan keluarga.

2. Menggunakan Agen Properti atau Secara Mandiri

memilih rumah pertama, sangat mudah yakni melalui situs properti atau melalui agen perumahaan. Namun, mungkin ada biaya tambahan yang perlu Anda persiapkan.  Anda bisa membandingkan, mencari informasi mengenai daerah perumahaan tersebut, dan menghubungi pemilik rumah dari iklan yang ditayangkan di situs tersebut. Anda juga bisa melakukannya secara survey mandiri.

  Peluang Bisnis Pulsa Murah

3. Lokasi dan Akses 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah berkaitan dengan akses perumahaan yang dituju. Lokasi yang berada di pusat kota tentunya memiliki harga yang lebih mahal namun memiliki akses yang mudah untuk bepergian, dibandingkan dengan yang berada di pinggiran kota yang mungkin akan sulit untuk bepergian karena akses yang terbatas. Karena itu membeli rumah yang mudah secara mobilisasi akan lebih mudah. Anda dapat menerapkan tips lain yaitu dengan membeli rumah yang dekat stasiun, atau halte bus. Anda juga harus memperhatikan fasilitas yang terdapat di daerah  perumahan tersebut, apakah memiliki bank, sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya.

4. Memperhatikan Lingkungan Perumahan 

Memperhatikan lingkungan rumah, seperti kondisi lingkungan, apakah saat musim hujan mengalami banjir atau tidak, Anda perlu melakukan survey. Jangan sampai Anda membeli rumah yang lingkungannya gampang banjir saat musim hujan. Pastikan juga lingkungan tersebut harus aman dari kasus pencurian, perampokan, dan hal buruk lainnya.

5. Harga dan Pembayaran yang Sesuai

Saat memilih rumah pertama, pastikan Anda memilih yang sepadan dengan harga dan kualitas yang dibutuhkan, tujuannya supaya Anda dapat membandingkan mana perumahaan yang paling pas dengan kondisi keuangan Anda. selain itu pastikan juga harga, pilihan skema yang ingin Anda ajukan, apakah ingin mengambil Rumah KPR atau membeli secara tunai.

6. Spesifikasi Material Bangunan

Banyak yang perlu diperhatikan untuk membangun rumah, yakni material yang disediakan. Apakah berdinding kokoh, material bangunan dengan baja yang lebih baik, atau lantai dengan pelat beton yang lebih awet.

7. Desain Rumah sesuai dengan Keinginan

Jika Anda ingin membeli rumah yang sudah jadi, Anda juga perlu mencari desain yang sesuai dengan rumah yang cocok dengan selera.yang ada. Apabila bangunan yang sudah tersedia, Anda bisa melakukan renovasi ulang dan melakukan custom sesuai dengan desain rumah yang Anda inginkan.

8. Potensi Perubahan Rumah di Masa yang Akan Datang

Membeli rumah merupakan investasi di jangka panjang. Anda bisa mempertimbangkan hal yakni apakah akan menjual dalam waktu dekat, menambah kamar untuk anak, atau berniat untuk mewariskannya ke anak. Anda perlu memastikan hal tersebut.

9. Kesehatan Rumah 

Sebelum memastikan untuk membeli rumah, baik itu baru atau rumah second, Anda harus memperhatikan kesehatan rumah. kesehatan rumah yakni mengecek apakah  kualitas tembok bangunan, terdapat kebocoran, serta ventilasi yang cukup, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda membeli rumah dengan kondisi yang tidak baik karena hal tersebut membutuhkan banyak biaya untuk melakukan perawatan atau renovasi.

  Drama: Memperkaya Peradaban Manusia

10. Menabung Uang Muka dan Membaca Dokumen Kelengkapan

Dalam membeli rumah, pastinya akan ada DP yang diperlukan sebagai pembayaran awal, maka dari itu persiapkanlah sejumlah dana sesuai dengan ketentuan besaran pembayaran yang diberlakukan. Pastikan Anda juga membaca perjanjian- perjanjian serta dokumen- dokumen yang dibutuhkan  dalam membeli rumah dengan teliti.

11. Memperhatikan Renovasi yang Dibutuhkan

Dalam rumah rumah pertama, pastikan untuk melakukan inspeksi terlebih dahulu agar Anda dapat mengetahui kondisi rumah tersebut. Apakah ada perbaikan atau renovasi yang harus dilakukan? Jika ada, tentukanlah anggaran yang Anda siapkan untuk melakukan perbaikan tersebut.

12. Mencari Tahu Riwayat Tanah dan Bangunan

Sebelum memutuskan untuk memilih rumah pertama, pastikan untuk mengecek riwayat tanah dan bangunan terlebih dahulu. Apakah tanah tersebut memiliki masalah pemilikan atau tidak? Apakah bangunan tersebut pernah mengalami bencana seperti gempa bumi atau banjir? Hal ini penting untuk diperhatikan agar Anda tidak terjebak dengan masalah di kemudian hari.

13. Memperhatikan Kebutuhan Legalitas dan Perijinan

Jangan lupa untuk memperhatikan legalitas dan perizinan yang dibutuhkan saat membeli rumah pertama. Pastikan bahwa dokumen-dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap dan terverifikasi agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

14. Bertanya dan Belajar dari Orang Lain yang Telah Berpengalaman

Tidak ada salahnya untuk bertanya dan belajar dari orang lain yang telah berpengalaman dalam membeli rumah pertama. Mereka bisa memberikan tips dan saran yang berguna bagi Anda yang masih pemula dalam membeli rumah pertama. Jangan ragu untuk mencari informasi dan bertanya kepada mereka.

15. Mempertimbangkan Kebutuhan dan Budget yang Telah Disesuaikan

Saat membeli rumah pertama, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan budget yang telah disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Jangan terpancing oleh keinginan untuk memiliki rumah yang luas atau mewah jika tidak sesuai dengan budget yang telah Anda tetapkan.

16. Memperhatikan Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Rumah

Selain mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan keluarga, pastikan juga untuk memperhatikan fasilitas yang tersedia di sekitar rumah. Apakah terdapat fasilitas kesehatan, sekolah, dan transportasi yang mudah dijangkau? Hal ini penting agar Anda dan keluarga merasa nyaman tinggal di rumah tersebut.

17. Memastikan Kondisi Rumah yang Baik

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan untuk melakukan inspeksi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kondisi rumah tersebut baik. Periksa keadaan dinding, lantai, dan sistem kelistrikan rumah agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

18. Memperhatikan Keamanan Rumah

  Prediksi Harga Terra Luna Classic (LUNC), Ini Yang Harus Diwaspadai

Ketika memilih rumah pertama, pastikan untuk memperhatikan keamanan rumah tersebut. Apakah terdapat sistem keamanan yang memadai? Apakah rumah tersebut terletak di daerah yang aman? Hal ini penting agar Anda dan keluarga merasa nyaman tinggal di rumah tersebut.

19. Mempertimbangkan Jarak Tempuh ke Tempat Kerja atau Sekolah

Apabila Anda dan keluarga memiliki rutinitas bekerja atau sekolah yang terjadi setiap hari, maka pastikan untuk mempertimbangkan jarak tempuh ke tempat kerja atau sekolah dari rumah yang akan dibeli. Apakah jarak tempuh tersebut terlalu jauh atau tidak terlalu membebani? Hal ini penting agar Anda tidak kelelahan saat pergi ke tempat kerja atau sekolah setiap hari.

20. Memperhatikan Kondisi Lingkungan yang Sehat

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan kondisi lingkungan sekitar rumah tersebut. Apakah terdapat polusi udara atau tidak? Apakah rumah tersebut terletak di daerah yang sehat untuk ditinggali? Hal ini penting agar Anda dan keluarga merasa sehat tinggal di rumah tersebut.

21. Mempertimbangkan Tingkat Kemudahan Akses Air Bersih dan Listrik

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan tingkat kemudahan akses air bersih dan listrik di sekitar rumah tersebut. Apakah terdapat sumber air yang mudah dijangkau atau tidak? Apakah terdapat jaringan listrik yang stabil atau tidak? Hal ini penting agar Anda dan keluarga merasa nyaman tinggal di rumah tersebut.

22. Memperhatikan Kebutuhan Renovasi dan Perbaikan

Apabila Anda ingin membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan kebutuhan renovasi dan perbaikan yang mungkin diperlukan di rumah tersebut. Apakah terdapat kerusakan yang perlu diperbaiki atau tidak? Berapa biaya yang harus disiapkan untuk melakukan renovasi atau perbaikan tersebut? Hal ini penting agar Anda dapat memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi atau perbaikan.

23. Memperhatikan Tingkat Keamanan di Daerah Perumahan

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan tingkat keamanan di daerah perumahan tersebut. Apakah terdapat razia keamanan yang rutin dilakukan di daerah tersebut atau tidak? Apakah terdapat kejadian kejahatan yang sering terjadi di daerah tersebut atau tidak? Hal ini penting agar Anda dan keluarga merasa aman tinggal di rumah tersebut.

24. Mempertimbangkan Biaya Maintenance Rumah

Dalam membeli rumah pertama, pastikan untuk mempertimbangkan biaya maintenance rumah yang mungkin diperlukan di kemudian hari. Apakah terdapat biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk perawatan rumah, seperti pemeliharaan mesin atau perbaikan lainnya? Hal ini penting agar Anda dapat memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan maintenance rumah.

25. Memperhatikan Keberlangsungan Nilai Jual Rumah di Masa Depan

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan keberlangsungan nilai jual rumah di masa depan. Apakah rumah tersebut diperkirakan akan mengalami kenaikan nilai di masa depan atau tidak? Hal ini penting agar Anda dapat memperhitungkan keuntungan yang mungkin didapat dari penjualan rumah tersebut di masa depan.

  LG C3 OLED vs LG C1 OLED: Apakah layak ditingkatkan?

26. Mempertimbangkan Kebutuhan Fasilitas Penunjang Rumah

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan fasilitas penunjang rumah yang mungkin diperlukan di kemudian hari. Fasilitas tersebut dapat berupa ruang penyimpanan, ruang keluarga, atau ruang kerja yang nyaman. Hal ini penting agar Anda dapat mengelola ruang di rumah dengan lebih efisien.

27. Mempertimbangkan Kebutuhan Fasilitas Pembuangan Sampah dan Limbah

Jika Anda ingin membeli rumah pertama, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan fasilitas pembuangan sampah dan limbah yang tersedia di sekitar rumah tersebut. Apakah terdapat fasilitas pembuangan sampah yang terorganisir atau tidak? Hal ini penting agar rumah tersebut tidak tercemar oleh sampah dan limbah yang tidak terurus dengan baik.

28. Memperhatikan Kebutuhan Fasilitas Parkir yang Memadai

Ketika membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan kebutuhan fasilitas parkir yang memadai di sekitar rumah tersebut. Apakah terdapat garasi atau area parkir yang cukup untuk menampung kendaraan Anda dan keluarga? Hal ini penting agar Anda dapat menyimpan kendaraan dengan aman dan terlindung dari cuaca yang tidak mendukung.

29. Memperhatikan Kebutuhan Fasilitas Rekreasi yang Tersedia

Saat membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan kebutuhan fasilitas rekreasi yang tersedia di sekitar rumah tersebut. Apakah terdapat taman atau fasilitas olahraga yang dapat digunakan oleh Anda dan keluarga? Hal ini penting agar Anda dapat melakukan aktivitas rekreasi dengan lebih nyaman.

30. Mempertimbangkan Kebutuhan Fasilitas Pendidikan yang Tersedia

Dalam membeli rumah, Anda harus pastikan untuk memperhatikan kebutuhan fasilitas pendidikan yang tersedia di sekitar rumah tersebut. Apakah terdapat sekolah atau institusi pendidikan yang dapat dijangkau dengan mudah dari rumah tersebut? Hal ini penting agar anak-anak Anda dapat menempuh pendidikan dengan lebih nyaman.

Tips Membeli Rumah KPR agar Lebih Cuan! 

Membeli rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit, dibutuhkan dana mulai dari ratusan juta hingga milyaran. Ada solusi yakni dengan mengajukan KPR sehingga Anda dapat mengangsur dana setiap bulannya. Agar Anda semakin mantap dalam membeli rumah secara KPR, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yakni:

1. Pahami Kemampuan Finansial Kamu

Untuk mengajukan KPR biasanya lembaga pemberi kredit atau bank akan memberikan penilaian atau credit scoring bila Anda tepat dalam membayar angsuran. Untuk mengetahui rasio hutang, Anda dapat menghitungnya dengan membagi total hutang dan total aset. Nilai ideal dari rasio adalah dibawah 50%. Bila diatas 50% berarti nilai utang Anda telah melebihi aset.

  Kisah Sukses Perusahaan HP yang Menginspirasi

2. Jangan Berhutang bila Tidak Memiliki Dana Darurat

Pastikan Anda memiliki dana darurat sebesar tiga hingga enam kali pengeluaran bulanan. Dengan banyaknya tanggungan, berarti semakin besar pula kebutuhan dana darurat.

3. Investasikan Dana untuk DP Rumah 

Anda harus menentukan kapan membeli rumah dan membayar uang muka. Bila Anda menargetkan pembelian rumah dalam satu hingga tiga tahun kedepan, Anda dapat menyimpan tabungan pembelian rumah melalui instrumen investasi yang rendah risiko dan memiliki imbal hasil yang fix atau hasil tetap.

4. Cicilan rumah tidak melebihi 35% penghasilan

Lembaga pemberi kredit atau bank dapat menyetujui pengajuan KPR dengan nominal cicilan 50% dari penghasilan bulanan. Namun perlu Anda pahami bahwa cicilan rumah yang ideal yakni 35% dari penghasilan.

5. Keluarga Harus Tetap Terjamin 

Sebelum membeli cicilan rumah, pastikan bahwa keluarga juga tetap terjamin. Pastikan Anda telah memproteksi keluarga dengan iuran asuransi jiwa sekaligus mencegah risiko meninggalnya debitur. Asuransi juga memiliki manfaat yakni apabila terjadi musibah seperti keluarga yang telah meninggal dunia, maka dapat bermanfaat untuk biaya hidup keluarga yang ditinggal.

6. Melunasi Angsuran Tepat Waktu 

Saat Anda melakukan pembelian rumah dengan sistem angsuran, maka pastikan bahwa Anda membayar tepat waktu. Salah satu pertimbangan kesehatan finansial yang ideal yakni 15% hingga 20% dari total kekayaan bersih. Semakin tinggi kekayaan bersih kamu, maka semakin besar pula aset lancar yang harus dimiliki.

6 Tips Membeli Rumah Second

Membeli rumah bekas atau second, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli rumah second.

1. Kualitas Rumah

Untuk membeli rumah bekas, pastikan Anda memperhatikan kondisi terkait yakni, tingkat kelembaban dinding, sistem air, ketahanan bagian rumah yang terbuat dari kayu, kusen, dan jendela. Apabila rumah memiliki kerusakan, Anda dapat menawar harga jual rumah bekas agar menjadi lebih murah.

2. Membuat Anggaran

Dalam membeli rumah bekas atau second sekalipun, pastikan anggaran Anda sesuai dengan pendapatan dan kemampuan Anda dalam membeli rumah tersebut. Untuk berjaga-jaga pastikan juga bahwa Anda memiliki dana tambahan untuk melakukan renovasi bila memang ada rumah yang memerlukan perbaikan.

3. Memastikan Dokumen Lengkap

Dalam membeli rumah bekas, pastikan bahwa Anda mengecek kelengkapan surat-suratnya, seperti:

  • Surat Kepemilikan Tanah
  • Akta Jual Beli
  • Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan
  • Pajak Bumi dan Bangunan
  • Bukti Pembayaran tagihan PDAM, listrik, biaya keamanan, dan lain sebagainya.
  Legenda Roro Jonggrang: Kisah Cinta, Pengkhianatan, dan Pembangunan Candi Prambanan

4. Biaya Akta Jual Beli

Secara umum biaya Akta Jual Beli sebesar 1% dari nilai transaksi. Biaya ini digunakan untuk membayar jasa Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) biayanya dapat berubah sesuai dengan ketentuan PPAT. Pada rumah second, biasanya AJB ditanggung bersama oleh pembeli dan penjual atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Memperhatikan Kebutuhan Renovasi dan Perbaikan

Sebelum membeli rumah second, pastikan untuk memperhatikan kebutuhan renovasi dan perbaikan yang mungkin diperlukan di rumah tersebut. Apakah terdapat kerusakan yang perlu diperbaiki atau tidak? Berapa biaya yang harus disiapkan untuk melakukan renovasi atau perbaikan tersebut? Hal ini penting agar Anda dapat memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi atau perbaikan.

6. Memperhatikan Kebutuhan Fasilitas Penunjang Rumah

Sebelum membeli rumah second, pastikan untuk memperhatikan kebutuhan fasilitas penunjang rumah yang mungkin diperlukan di kemudian hari. Fasilitas tersebut dapat berupa ruang penyimpanan, ruang keluarga, atau ruang kerja yang nyaman. Hal ini penting agar Anda dapat mengelola ruang di rumah dengan lebih efisien.

10 Tips memilih Lokasi Rumah

Memilih lokasi rumah merupakan hal yang penting Anda lakukan saat membeli rumah Anda. Hal ini dikarenakan, pemilihan lokasi rumah yang baik akan berkaitan dengan aksesibilitas, dan kondisi lingkungan yang nyaman. Mari simak 10 tips memilih lokasi rumah berikut ini.

1. Memperhatikan Aksesibilitas

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi rumah adalah aksesibilitas dari lokasi tersebut. Apakah lokasi tersebut mudah dijangkau dari tempat kerja, sekolah, dan fasilitas lain yang dibutuhkan? Memilih lokasi yang mudah dijangkau akan memudahkan aktivitas sehari-hari Anda.

2. Memperhatikan Kondisi Lingkungan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar lokasi tersebut. Apakah lingkungan tersebut aman dan nyaman? Apakah ada kebisingan atau polusi yang berlebihan di lokasi tersebut? Memilih lokasi dengan lingkungan yang baik akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi Anda dan keluarga.

3. Memperhatikan Fasilitas yang Tersedia

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan fasilitas yang tersedia di sekitar lokasi tersebut. Apakah terdapat sekolah, rumah sakit, dan toko yang dapat dijangkau dengan mudah dari lokasi tersebut? Memilih lokasi dengan fasilitas yang memadai akan memudahkan aktivitas sehari-hari Anda.

4. Memperhatikan Harga Properti di Sekitar

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan harga properti di sekitar lokasi tersebut. Apakah harga properti di lokasi tersebut masih terjangkau atau sudah terlalu mahal? Memilih lokasi dengan harga properti yang masih terjangkau akan lebih menguntungkan dalam jangka panjang.

  3 headphone yang nilainya lebih baik dari Apple AirPods Max

5. Memperhatikan Kondisi Iklim

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan kondisi iklim di sekitar lokasi tersebut. Apakah lokasi tersebut sering mengalami badai, banjir, atau gempa bumi? Memilih lokasi dengan kondisi iklim yang stabil akan memberikan keamanan bagi Anda dan keluarga.

6. Memperhatikan Tingkat Kriminalitas

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan tingkat kriminalitas di sekitar lokasi tersebut. Apakah lokasi tersebut aman dari kejahatan seperti pencurian, perampokan, atau kekerasan? Memilih lokasi dengan tingkat kriminalitas yang rendah akan memberikan keamanan bagi Anda dan keluarga.

7. Memperhatikan Ketersediaan Transportasi Umum

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan ketersediaan transportasi umum di sekitar lokasi tersebut. Apakah lokasi tersebut mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta? Memilih lokasi dengan ketersediaan transportasi umum yang memadai akan memudahkan aktivitas sehari-hari Anda.

8. Memperhatikan Tingkat Kemudahan Akses Internet

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan tingkat kemudahan akses internet di sekitar lokasi tersebut. Apakah lokasi tersebut memiliki sambungan internet yang cepat dan stabil? Memilih lokasi dengan tingkat kemudahan akses internet yang memadai akan memudahkan aktivitas sehari-hari Anda yang membutuhkan koneksi internet.

9. Memperhatikan Ketersediaan Tempat Olahraga dan Rekreasi

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan ketersediaan tempat olahraga dan rekreasi di sekitar lokasi tersebut. Apakah lokasi tersebut memiliki taman bermain, lapangan olahraga, atau tempat rekreasi lainnya? Memilih lokasi dengan ketersediaan tempat olahraga dan rekreasi yang memadai akan memberikan kesempatan bagi Anda dan keluarga untuk melakukan aktivitas fisik yang sehat.

10. Memperhatikan Ketersediaan Tempat Belanja dan Tempat Hiburan

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk memperhatikan ketersediaan tempat belanja dan tempat hiburan di sekitar lokasi tersebut. Apakah lokasi tersebut memiliki pasar, mall, atau tempat hiburan lainnya? Memilih lokasi dengan ketersediaan tempat belanja dan tempat hiburan yang memadai akan memberikan kesempatan bagi Anda dan keluarga untuk melakukan berbagai kegiatan di luar rumah.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Tips #Membeli #Rumah #Pertama #Panduan #Lengkap #Memilih #Rumah #Impianmu majikan pulsa 30 Tips Membeli Rumah Pertama: Panduan Lengkap Memilih Rumah Impianmu