Berapa Biaya Khitanan yang Harus Disiapkan Orang Tua? Berikut Detail Harga, Jenis, dan Cara – Majikanpulsa.com

Majikanpulsa.com – Berapa Biaya Khitanan yang Harus Disiapkan Orang Tua? Berikut Detail Harga, Jenis, dan Cara – Majikanpulsa.com

#Berapa #Biaya #Khitanan #yang #Harus #Disiapkan #Orang #Tua #Berikut #Detail #Harga #Jenis #dan #Cara #Majikanpulsa.com

Bagi semua orang tua, anak adalah salah satu anugerah terbesar dan sumber kebahagiaan yang pernah didapatkan dalam hidup. Namun ketika sudah memiliki anak, berarti tanggung jawab orang tua juga bertambah, terutama terkait masalah keuangan dimana semua kebutuhan anak harus terpenuhi.

Dari makanan, pendidikan, hingga semua kebutuhan medis harus dipenuhi oleh orang tua. Salah satu contoh yang tidak luput dari perhatian adalah kebutuhan dan biaya sunat laki-laki. Di Indonesia, khitan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan orang tua terhadap anak laki-lakinya.

Selain merupakan kewajiban dari ajaran agama, khitan ternyata dapat memberikan banyak manfaat jika dilihat dari segi medis. Selain itu, jenis atau cara khitan di Indonesia juga berbeda-beda dengan kisaran harga yang beragam dan dapat disesuaikan dengan keinginan dan kondisi keuangan orang tua.

  5 perbedaan antara oven dan microwave yang perlu Anda ketahui

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai biaya khitan tahun 2023 yang harus disiapkan orang tua, berikut penjelasan manfaat dan jenisnya di Indonesia, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Tips cara makan enak dengan mengeluarkan uang Rp 20 ribu sehari

Apa manfaat sunat bagi anak?

Manfaat sunat

Manfaat sunat

Bagi hampir semua anak laki-laki di dunia, sunat atau pemotongan bagian luar kulit yang menutupi kepala penis dianggap sesuatu yang penting dan harus dilakukan. Pasalnya, aktivitas tersebut dalam dunia kesehatan disebut sebagai prosedur khitanan yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi bayi.

Lalu, apa saja manfaat sunat atau khitan jika dilihat dari segi medis? Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Menurunkan risiko infeksi HIV menurut penelitian dari Pusat Pengendalian & Pencegahan Penyakit atau CDC.
  • Menurunkan resiko infeksi pada saluran kemih pria yang berlangsung parah dan dalam waktu yang lama, tidak menutup kemungkinan menimbulkan masalah pada organ ginjal.
  • Menurunkan resiko kanker serviks bagi wanita. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa khitan atau sunat pada pria dapat menurunkan risiko kanker serviks, vaginosis bakterialis, ulkus kelamin, dan trikomoniasis pada wanita.
  • Merupakan solusi untuk mengatasi sejumlah penyakit lain, misalnya balanitis, paraphimosis, dan phimosis.
  • Membuat penis lebih bersih lebih terjaga.
  • Menurunkan risiko kanker penis.
  Laporan Arus Kas: Pengertian, Tujuan dan Cara Menyusunnya

Jadi, selain sebagai salah satu kewajiban bagi umat Islam, sunat atau khitan juga mampu memberikan berbagai dampak positif dari segi pengobatan. Oleh karena itu, tidak perlu diinformasikan pada kebanyakan situasi yang harus dilakukan pada bayi laki-laki.

Jenis Metode Sunat Yang Ada Di Indonesia

Metode sunat

Metode sunat

Di Indonesia sendiri, ada banyak metode khitanan atau khitanan yang bisa dipilih orang tua sesuai keinginan dan kebutuhan. Inilah beberapa di antaranya.

  1. Penyunatan

    Jenis khitan yang pertama adalah dengan menggunakan metode khitan atau bisa juga disebut dengan metode bedah konvensional. Pada khitan jenis ini, metode yang dilakukan adalah operasi kecil dan biasanya dilakukan dengan prosedur khitan. Umumnya, metode sunat ini memakan waktu sekitar 30 hingga 50 menit.

  2. Elektrokauter

    Jenis khitan yang kedua adalah metode yang menggunakan elektrokauter. Bagi yang belum tahu, cara sunat ini dilakukan dengan menggunakan alat yang dialiri arus listrik untuk dapat memotong bagian organ reproduksi yang ingin dipotong. Karena menggunakan alat dan metode yang sama, tidak sedikit orang yang sering salah mengartikan sunat jenis ini dengan metode sunat laser.

  3. Penjepit Cerdas

    Selanjutnya, ada metode yang disebutkan klem pintar. Sunat jenis ini dilakukan dengan memasukkan tabung klem pintar di bagian kulup yang akan dipotong. Kemudian, bagian tersebut akan dijepit menggunakan pengunci penjepit.

    Selanjutnya, setelah dimasukkan selama 5 hari, penjepit atau kunci akan dilepaskan. Jenis khitan ini mampu mengurangi resiko pendarahan dan tidak membutuhkan prosedur penjahitan dalam proses khitan. Alhasil, perawatan setelah prosedur medis relatif lebih mudah dibandingkan jenis khitan lainnya.

  4. Laser

    Jenis sunat yang terakhir adalah metode sunat laser. Cara khitan ini bisa dikatakan cukup sering dilakukan oleh masyarakat di Indonesia karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis atau cara khitan lainnya. Beberapa di antaranya adalah mengurangi risiko pendarahan, mampu membuat luka pasca sunat lebih cepat sembuh, dan menghasilkan tingkat estetika yang lebih sempurna dibandingkan metode sunat lainnya.

  Majikanpulsa.com menyediakan sistem kasir YesPOS yang lebih baik! – Majikanpulsa.com

Baca Juga: Jangan Tertipu, Ikuti 5 Tips Ini untuk Merencanakan Dana Pendidikan Anak Kembar

Rincian Biaya Khitanan 2023 di Indonesia

Pada prinsipnya belum ada template atau patokan pasti terkait harga isu khitan 2023 di Indonesia. Namun secara umum, biaya khitan dapat dibedakan berdasarkan jenis khitan dan usia anak, serta kebijakan atau pemeliharaan rumah sakit. Merujuk salah satu sumber, biaya khitan di rumah sakit Indonesia berkisar antara 800 ribu hingga 11 juta rupiah.

Secara umum, berikut rincian biaya khitanan 2023 di Indonesia.

Biaya Khitanan dengan Cara Konvensional

Biaya sunat Penjepit Cerdas

Biaya Sunat Laser

Mulai dari 500 ribu Rupiah.

Sekitar 600 ribu hingga 800 ribu Rupiah pada bayi.

Biaya sunat laser biasanya dipatok pada kisaran harga yang lebih mahal dibandingkan jenis sunat lainnya. Tergantung fasilitas kesehatan atau pemeliharaannya, orang tua perlu mengeluarkan uang sekitar 650 ribu hingga 1 juta rupiah untuk membayar sunat laser anaknya.

  5 Jenis Pinjaman Online Bunga Rendah untuk UMKM dan Keuntungannya

Tips merencanakan biaya sunat

Dengan perkiraan harga yang relatif tinggi, sebaiknya para orang tua membuat perencanaan agar keuangan mereka mampu menutupi biaya sunat anaknya. Berikut beberapa tips untuk merencanakan biaya sunat.

  • Hitung secara akurat jumlah dana yang dibutuhkan untuk biaya sunat.
  • Upayakan untuk memberikan fleksibilitas pendanaan sekitar 30 persen dari perkiraan biaya khitanan yang dipilih untuk mengantisipasi biaya administrasi dan biaya tak terduga lainnya.
  • Sisihkan penghasilan untuk menagih pembayaran yang sesuai target secara rutin hingga nominal tercapai.
  • Alokasikan dana untuk memenuhi biaya khitanan ini di instrumen investasi risiko rendah, seperti tabungan berjangka, menyetorkanatau reksadana pasar uang sehingga nilainya dapat terus bertambah dari waktu ke waktu.

Cara Pengobatan Pasca Sunat

Setelah mengetahui perkiraan biaya khitan 2023 di atas, Anda mungkin juga perlu mengetahui cara merawat anak pasca khitan. Waktu penyembuhan setelah sunat adalah 7 sampai 10 hari pada bayi, dan 2 sampai 3 minggu pada anak-anak atau orang dewasa.

  Cek spesifikasi dan harga Samsung A13 2023 terbaru

Agar pasien dapat sembuh dan pulih lebih cepat, ada penanganan khusus yang sebaiknya diberikan, antara lain:

  • Pada bayi, bersihkan penis dan ganti perban pada area sunat setiap kali mengganti popok, dan ganti popok setiap 2 hingga 3 jam untuk mencegah risiko lembab dan infeksi.
  • Saat memasang popok, jangan terlalu kencang dan kendurkan sedikit untuk memberi ruang agar proses penyembuhan lebih cepat.
  • Kompres area penis dengan es batu yang dibungkus kain selama 10 hingga 20 menit setiap 2 jam sekali.
  • Konsumsi obat anti nyeri saat muncul gejala atau merasa tidak nyaman saat buang air kecil.
  • Bersihkan area penis setiap hari menggunakan air dan sabun khusus kulit sensitif pada pasien sunat dewasa.
  • Jenis krim oles minyak ter saat akan mengganti perban.
  • Gunakan celana dalam dengan ukuran yang tidak terlalu longgar dan ketat.
  • Hindari aktivitas fisik sampai luka sembuh total.
  • Minumlah lebih banyak air untuk melarutkan asam dalam urin dan menekan sensasi terbakar saat buang air kecil.
  Xendit x Tokocrypto: Kolaborasi Membangun Ekosistem Aset Kripto di Indonesia

Mampu Memberikan Banyak Manfaat, Jangan Lewatkan Pentingnya Khitanan dengan Mempersiapkan Biayanya

Demikian informasi mengenai biaya khitan tahun 2023, jenisnya, dan juga manfaatnya. Karena mampu memberikan banyak manfaat, khitanan atau khitanan pada anak harus dilakukan oleh setiap orang tua. Nah, agar tidak berisiko terhambat masalah biaya, persiapkan khitan sedini mungkin dengan menyesuaikan perkiraan biaya dari jenis khitan yang dipilih.

Baca Juga: Punya Tanggung Jawab Lebih, Ini 8 Tips Manajemen Keuangan untuk Orang Tua Baru


Berapa Biaya Khitanan yang Harus Disiapkan Orang Tua? Berikut Detail Harga, Jenis, dan Cara – Majikanpulsa.com

#Berapa #Biaya #Khitanan #yang #Harus #Disiapkan #Orang #Tua #Berikut #Detail #Harga #Jenis #dan #Cara #Majikanpulsa.com

Sumber : www.cermati.com