Cara Mengetahui Nomor BPJS yang Hilang atau Lupa

126 views

solusi lupa nomor bpjs

Majikanpulsa.com – Bagimanakah caranya mengetahui nomor BPJS yang hilang atau lupa ? Sebagai manusia biasa tentu saja kita seringkali mengalami hal yang namanya LUPA :D. lalu gimana jika kita lupa nomor keanggotaan bpjs kita sendiri ? Tentu puyeng bukan main kan. Tapi tenang karena saya akan berbagi tips untuk mengetahui nomor bpjs yang hilang atau bahkan lupa sekalipun.

Untuk mengetahui tidak ada kartu bpjs kesehatan yang hilang sebenarnya sangat mudah, syaratnya adalah anggota keluarga anda (sesuai KK) ada yang sudah terjawab juga menjadi peserta bpjs kesehatan dan kartunya masih ada.

Langkah-langkah untuk mengetahui nomor kartu bpjs anda yang hilang ataupun lupa adalah sebagai berikut :

  1. Gunakan kartu BPJS salah satu keluarga anda yang masih ada
  2. Buka situs cek pembayaran tagihan BPJS yang disediakan oleh situs resmi bpjs-kesehatan.go.id.
  3. Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut: No Kartu BPJS (Isi dengan nomor kartu BPJS salah satu anggota keluarga anda yang kartunya masih ada) . Tanggal Lahir (Masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS) . Angka Validasi (Isikan angka yang nampak pada gambar di atasnya).
  4. Jika data sudah diisi maka silahkan tekan tombol Cek, sistem akan melakukan proses pengecekan untuk data yang anda masukan, silahkan tunggu sampai selesai.
  5. Jika benar maka anda akan melihat tampilan informasi data peserta BPJS yang anda masukan, yang meliputi : Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Kepesertaan, Jenis peserta, Jumlah anggota keluarga, Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan dan juga informasi tanggal pembayaran terakhir.

Baca juga : Top Auto Payment Loket Pembayaran BPJS Terbaik

Cara di atas sebenarnya cara untuk mengecek tagihan iuran bulanan BPJS yang dimiliki akun Anda, namun bisa juga Anda gunakan untuk mengetahui nomor kartu BPJS anda yang hilang atau mungkin secara tidak sengaja Anda melupakannya.

Dengan cara di atas, maka setiap anggota keluarga anda sesuai KK yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS akan muncul, dengan data, nama peserta, no. peserta, jumlah biaya tunggakan dan sebagainya.

Data tentang Anda juga akan muncul dan tentunya Anda bisa melihat nomor peserta kartu BPJS Anda yang hilang di kolom no peserta.

Demikianlah solusi jika anda lupa nomor bpjs anda sendiri, sangat mudah sekali bukan 🙂

Gallery for Cara Mengetahui Nomor BPJS yang Hilang atau Lupa