Pentingnya Manajemen Keuangan, Bantu Manajemen Pinjaman Tepat Sasaran! – Majikanpulsa.com

Majikanpulsa.com – Info Pentingnya Manajemen Keuangan, Bantu Manajemen Pinjaman Tepat Sasaran! – Majikanpulsa.com

#Pentingnya #Manajemen #Keuangan #Bantu #Manajemen #Pinjaman #Tepat #Sasaran #Majikanpulsa.com

Saat Anda membutuhkan uang, terutama dalam jumlah besar, terapkan meminjamkan adalah pilihan yang paling sering dipilih. Apalagi bagi pedagang yang membutuhkan modal besar, pinjaman ibarat penyelamat yang bisa memberikan bantuan. Bahkan untuk perorangan, pinjaman sering dipilih untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tak heran jika kini banyak perusahaan yang menawarkan produk pinjaman. Apalagi di era modern ini, pinjaman bisa didapatkan dengan lebih mudah bahkan secara online on line. Hanya dengan identitas pribadi, beberapa perusahaan mampu memberikan pinjaman yang nilainya cukup besar.

Namun, perlu dicatat bahwa pinjaman ibarat ‘pedang bermata dua’. Jika tidak dikelola dengan baik, bukannya membantu malah bisa menimbulkan masalah keuangan yang serius.

Oleh karena itu, penting untuk mengelola pinjaman dengan bijak agar tepat sasaran dan bermanfaat seperti yang Anda inginkan. Bagaimana caranya? Lihat tips di bawah ini.

Baca Juga: Apakah Anda ingin berutang? Perhatikan 5 Poin Penting Ini!

Pentingnya Mengelola Pinjaman Agar Bermanfaat Untuk Keperluan

mengelola dana pinjaman

Mengelola Dana Pinjaman

Baca juga :  Jangan panik! Begini Cara Cepat Cari ID Pelanggan PDAM yang Hilang - Sepulsa

Saat berhasil mendapatkan dana pinjaman, sebagian orang terbawa suasana hingga lupa menggunakannya sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, terjadi ketidakseimbangan yang mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pinjaman. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu memahami cara mengelola pinjaman dengan benar agar dapat digunakan untuk keperluan berikut.

Sebelum Mengajukan Pinjaman

Untuk dapat mengelola pinjaman dengan baik, perlu persiapan sebelum mengajukan pinjaman, seperti:

  1. Tentukan Tujuan Pinjaman

    Cara pertama untuk mengelola pinjaman adalah menetapkan tujuan. Hal ini sebaiknya dilakukan sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

    Apakah tujuan itu benar-benar diperlukan? Atau ada opsi lain yang bisa diambil? Apakah jumlah dana pinjaman yang diusulkan cukup, tidak mencukupi, atau berlebihan? Hal-hal seperti itu harus dipikirkan matang-matang, agar bisa memperkuat alasan mengajukan pinjaman.

    Anda juga perlu menentukan tenor atau jangka waktu pinjaman. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melunasi pinjaman?

  2. Menghitung Semua Kebutuhan

    Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda menghitung kebutuhan Anda secara keseluruhan. Akan digunakan untuk apa dana pinjaman tersebut?

    Dengan menentukan hal tersebut di atas maka dana pinjaman yang diperoleh akan digunakan secara maksimal dan tepat sasaran.

  3. Temukan Pinjaman dengan Bunga Rendah

    Setelah mengetahui berapa pembiayaan pinjaman yang dibutuhkan, saatnya menentukan lembaga pinjaman. Pilih institusi yang menawarkan suku bunga rendah dengan syarat yang tidak memberatkan. Pastikan juga lembaga tersebut bereputasi baik dan terdaftar di OJK.

Baca Juga: Ingin Mengajukan Kredit? Perhatikan Ketentuan Ini

Setelah Mendapatkan Pinjaman

Nah, ketika pengajuan pinjaman sudah disetujui dan dana sudah di tangan, Anda harus mengelolanya dengan baik agar pinjaman bisa mencapai target. Metode manajemen yang mungkin adalah:

  1. Sesuaikan dengan Tujuan Awal

    Langkah pertama ketika berhasil mendapatkan pinjaman adalah memastikan untuk mengalokasikannya sesuai dengan tujuan awal. Jangan tergiur untuk menggunakannya untuk keperluan lain agar penggunaan pinjaman bisa maksimal.

    Misalnya, ketika tujuan pinjaman untuk membuka usaha, alokasikan dana untuk melengkapi persyaratan seperti inventaris, biaya untuk mengubah lokasi usaha, modal awal, gaji karyawan, dll.

  2. Berpisah dengan Dana Pribadi

    Tips mengelola pinjaman dengan baik selanjutnya adalah memisahkan pinjaman dan dana pribadi. Hal ini sangat penting agar penggunaan dana pinjaman maksimal.

    Sekalipun Anda memiliki dana pribadi yang lebih dari cukup, sebaiknya jangan mencampurnya dengan dana pinjaman. Memanfaatkan dana pribadi untuk hal-hal lain di luar kepentingan pinjaman. Dengan cara ini, lalu arus kas yang dimiliki tidak akan terganggu karena peruntukannya sesuai dengan tujuan masing-masing.

  3. Siapkan Angsuran Bulanan

    Jika bisnis sudah berjalan, maka jangan lupa untuk mempersiapkannya anggaran untuk membayar cicilan pinjaman. Gunakan uang atau keuntungan dari bisnis untuk membayar cicilan. Ini akan membantu untuk mengetahui seberapa sukses bisnis tersebut.

    Jangan menggunakan saldo pinjaman untuk membayar cicilan. Apalagi jika melibatkan pengorbanan anggaran atau tabungan pribadi. Hal ini akan menyulitkan Anda dalam mengelola dana pinjaman agar sesuai dengan target yang diinginkan.

  4. Menyimpan Catatan Arus Kas

    Untuk menerapkan manajemen keuangan yang baik, diperlukan pencatatan arus kas yang detail dan terperinci. Mencatat setiap transaksi, baik yang masuk maupun keluar. Pastikan juga untuk mencatat jumlah dana pinjaman, cicilan bulanan, bunga yang harus dibayar, hingga pendapatan usaha setiap bulannya.

    Semakin detail poin yang dicatat, semakin mudah untuk mengetahui perjalanan finansialnya. Pernahkah kamu seimbang atau belum. Bagian mana yang perlu diperhatikan dan diperbaiki, bagian mana yang tidak.

    Catatan ini juga membantu mengelola pinjaman agar sesuai dengan tujuan dan menghindarkan Anda dari kemungkinan keterlambatan pembayaran, denda atau larangan lainnya.

Baca juga :  Tata Cara Daftar Ulang Kartu SIM Card Handphone

Kelola Pinjaman dengan Baik untuk Menikmati Keuntungannya

Mendapatkan dana pinjaman memang merupakan hal yang menguntungkan. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman ini akan terasa memberatkan. Apalagi ada cicilan tetap yang harus dibayar setiap bulan.

Untuk itu, lakukanlah pengelolaan keuangan yang baik agar dana pinjaman dapat digunakan sesuai peruntukannya. Pastikan juga dana pinjaman yang didapat bisa mendatangkan bunga. Jadi, perjuangan mendapatkan pinjaman dan melakukan cicilan tidak berakhir sia-sia.

Baca Juga: Perbedaan Bunga PayLater, Pinjaman, dan KTA

Baca juga :  5 Film Ini Rilis Bulan Februari 2023 di Layar Lebar - What's Going On

#Pentingnya #Manajemen #Keuangan #Bantu #Manajemen #Pinjaman #Tepat #Sasaran #Majikanpulsa.com Pentingnya Manajemen Keuangan, Bantu Manajemen Pinjaman Tepat Sasaran! – Majikanpulsa.com

Source: www.cermati.com