Cara Bayar Listrik lewat Alfamart dan Indomaret

119 views

Majikanpulsa.com Cara Mudah Bayar Tagihan Listrik di Alfamart / Indomaret. Jaringan ritel waralaba di Indonesia berkembang kian pesat dari kota-kota besar hingga daerah-daerah. Anda dapat dengan mudah menemukan waralaba ini di tempat-tempat ramai hingga komplek-komplek perumahan.

Model bisnis ini banyak diminati oleh para pengusaha. Hal ini pun menjadikan bisnis ritel waralaba memiliki persaingan yang sangat ketat, terutama di ibukota Jakarta. Sebut saja Alfamidi, Seven Eleven, Ceria Mart, Circle-K, Lawson Station, dan pastinya, dua pemain besar yang cukup kita kenal yaitu Alfamart dan Indomaret. Kedua usaha franchise ini secara terang-terangan menunjukkan persaingan dari segi lokasi dan jumlah gerai.

Sering kita temui di sekitar tempat tinggal kita, dimana jika terdapat sebuah gerai Indomaret, di situ ada pula gerai Alfamart yang jaraknya hanya sekitar sepuluh meter dari gerai Indomaret. Bahkan, ada yang lokasinya bersebelahan.

Tumbuhnya ritel waralaba ini cukup menarik perhatian berbagai perusahaan layanan jasa untuk melakukan kerjasama bisnis dengan Alfamart dan Indomaret. Termasuk Perusahaan Listrik Negara atau PLN yang menyediakan layanan pembayaran listrik prabayar maupun pascabayar di kedua ritel waralaba ini.

PLN membidik berbagai model bisnis yang bisa dijadikan sebagai partner dalam menyediakan layanan. Hal ini dilakukan demi memudakan para pelanggan melakukan transaksi pembayaran tagihan listrik, baik pascabayar maupun pembelian pulsa listrik prabayar.

Baca juga : Tips Sukses Jualan Pulsa Listrik secara Online

Dengan layanan transaksi bayar listrik lewat Alfamart dan Indomaret, Anda sudah tidak perlu repot-repot pergi ke kantor PLN terdekat. Anda hanya perlu mendatangi salah satu gerai Indomaret atau Alfamart terdekat untuk melakukan pembayaran tagihan listrik. Cukup efektif dan efisien, kan?

Cara Bayar Listrik lewat Alfamart

bayar tagihan listrik di alfamart

Dengan jumlah gerai Alfamart sebanyak lebih dari 10.000 gerai dan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, pastinya Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan ritel waralaba yang satu ini.

Semenjak didirikan pada tahun 1989, Alfamart tumbuh dengan sangat pesat dan menjadi salah satu pemimpin pasar ritel waralaba di Indonesia hingga saat ini. Tak hanya menyediakan produk berupa barang, Alfamart pun bekerjasama dengan berbagai perusahaan penyedia layanan jasa yang sangat beragam.

Mulai dari pembelian berbagai macam voucher, pembayaran ragam cicilan dan tagihan, pengisian berbagai saldo, pemesanan tiket transportasi, wahana dan konser, jasa kurir, hingga pengambilan uang.

Salah satu layanan yang bisa Anda lakukan di sini adalah transaksi bayar listrik lewat Alfamart. Bagaimana caranya? mudah sekali.

  1. Datangi salah satu gerai Alfamart yang ada di sekitar Anda,
  2. Anda bisa langsung menuju kasir. Namun, jika masih terdapat antrean, silakan ikut mengantre.
  3. Ketika sudah berhadapan dengan kasir, sampaikan kepada petugas yang berjaga, bahwa Anda hendak membayar tagihan listrik. Selanjutnkya berikan ID pelanggan PLN milik Anda, dan mereka yang akan mengeceknya. Anda perlu menunggu beberapa saat hingga total tagihan listrik milik Anda muncul di layar monitor kasir.
  4. Ketika total tagihan Anda sudah muncul di layar monitor, mereka akan langsung memberitahumu berapa total tagihan di periode tersebut yang harus dibayar.
  5. Anda tinggal menyerahkan saja sejumlah uang sesuai total tagihan Anda yang telah mereka sebutkan sebelumnya.
  6. Setelah transaksi bayar listrik lewat Alfamart telah berhasil dilakukan, Anda akan menerima bukti transaksi yang akan diberikan oleh pihak penjaga kasir Alfamart.

Sangat mudah, kan? Anda hanya perlu memberitahu nomor ID pelanggan PLN milik Anda dan menunggu. Mereka yang mengurus semua proses transaksinya.

Jika saat Anda datang dan antrean masih panjang, Anda bisa sambil melihat-lihat kira-kira barang apa yang bisa Anda beli di gerai Alfamart, mengingat minimarket ini menyediakan berbagai macam kebutuhan harian yang cukup lengkap. Dari makanan dan minuman ringan, peralatan rumah tangga, peralatan mandi, kosmetik, hingga obat-obatan ringan.

Bayar Listrik lewat Indomaret

bayar tagihan listrik di indomaret

Satu tahun lebih tua dari pesaingnya yakni Alfamart, sejak berdiri pada tahun 1988, hingga saat ini Indomaret telah memiliki lebih dari 12.000 gerai yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Selain menjual ragam produk barang seperti buah-buahan, camilan, mie instant, dll. Berbagai layanan jasa pun disediakan, termasuk transaksi bayar listrik lewat Indomaret.

Cara transaksi pembayaran tagihan listrik di Indomaret juga tidak jauh berbeda dengan transaksi pembayaran listrik di Alfamart yang tertera di atas, yaitu:

  1. Silakan datang ke salah satu gerai Indomaret yang ada di sekitar rumah atau kantor Anda,
  2. Langsung saja menuju kasir, berikan ID pelanggan PLN milik Anda, selanjutnya mereka yang akan mengeceknya melalui perangkat computer di kasir.
  3. Silakan menunggu beberapa saat sampai kasir memberi informasi mengenai total tagihan listrik yang harus Anda bayarkan di periode tersebut.
  4. Biaya total tagihan listrik bisa langsung Anda bayarkan ke kasir setelah total tagihan disebutkan.
  5. Setelah transaksi bayar listrik lewat Indomaret telah berhasil dilakukan, Anda akan menerima bukti transaksi yang akan diberikan oleh pihak penjaga kasir indomaret.

Selain untuk pembayaran listrik pascabayar, Indomaret juga menyediakan layanan lainnya melalui iKios. iKios sendiri merupakan mesin untuk melakukan berbagai transaksi keuangan yang bisa dioperasikan langsung oleh pelanggan.

Melalui iKios ini, Anda bisa melakukan isi ulang pulsa telepon selular untuk semua provider, pembelian token PLN (prabayar), pembayaran online shopping, pemesanan tiket Kereta Api, pemesanan tiket Pesawat, pemesanan tiket Konser, hingga pemesanan produk i-Delivery. Cukup lengkap, bukan?

Cara transaksinya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti instruksi dari mesin iKios terebut dan melakukan instruksi sesuai dengan pilihan transaksinya. Setelah itu, mesin iKios akan secara otomatis mencetak secarik kertas berupa nota yang harus Anda serahkan ke kasir agar transaksi dapat diverifikasi dan diproses.

iKios kini telah hadir di sekitar 2.000 gerai yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Berbagai layanan yang disediakan oleh PLN, khususnya layanan pembayaran tagihan listrik pascabayar di berbagai gerai waralaba yang ada di Indonesia, memudahkan para pelanggan menyelesaikan kewajibannya, sebab proses pembayaran listrik kini lebih mudah dan efektif dari segi waktu dan biaya.

Gallery for Cara Bayar Listrik lewat Alfamart dan Indomaret