verizon business,vpn,loan,insurance,automotive,lawyers

Tandatangani Kerja Sama, PDSI Siap Pakai CNG Milik PGN Gagas


JawaPos.com – PT Gagas Energi Indonesia (PGN Gagas), anak perusahaan Pertamina Gas Negara menandatangani MOU dengan PT Pertamina Drilling Service (PDSI) untuk implementasi penggunaan bahan bakar CNG (Compressed Natural Gas) di fasilitas rig pengeboran minyak PDSI.

Penandatanganan dilakukan di Kantor PDSI, gedung MCC Sudirman pada Senin (6/2) oleh Direktur PDSI Rio Dasmanto dan Direktur PGN Gagas, Muh Hardiansyah disaksikan Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (Subholding Hulu) Wiko Migantoro dan Komut PGN Gagas, Michael Umbas, Komut PDSI Nur Endro Buono.

Komut PGN Gagas, Michael Umbas menyampaikan apresiasinya kepada subholding Pertamina hulu yang telah memberikan kesempatan kepada PGN Gagas untuk mengubah penggunaan BBM berbahan bakar konvensional menjadi energi berbasis gas atau CNG.

“Ini merupakan tonggak sejarah grup Pertamina, dan bukti nyata dari upaya implementasi emisi atau dekarbonisasi yang telah disiapkan secara matang, apalagi langsung di kegiatan hulu seperti di PDSI. Langkah ini patut diapresiasi,” kata Umbas dalam keterangannya kepada JawaPos.com.

  Jagung: Salah Hakim, Pidana Kasus Indosurya! Inilah alasannya

Selain mengurangi emisi, penggunaan bahan bakar CNG memberikan efisiensi sekitar 20-30 persen untuk kegiatan operasional.

“Energi gas memiliki manfaat ganda untuk mengurangi emisi serta penghematan biaya yang signifikan. Semoga dapat diimplementasikan ke seluruh kegiatan di hulu Pertamina. Apalagi kesempatan ini dihadirkan oleh Pertamina Hulu Rokan, Pertamina EP, dan EP Cepu,” ujar Umbas.

Dalam sambutannya, Sekretaris PHE Wiko Migantoro menyampaikan dukungan penuh terkait kerja sama ini. Selain itu, efisiensi perusahaan juga dapat benar-benar melaksanakan kegiatan pengurangan emisi. Apalagi, Pertamina sudah memiliki target dekarbonisasi.

“Mudah-mudahan bisa segera dilaksanakan,” kata Wiko yang juga mantan Direktur Utama Pertagas ini.

Sementara itu, Direktur PDSI Rio Dasmanto juga mengatakan sekitar 40 rig PDSI yang beroperasi siap dikonversi menggunakan bahan bakar CNG.

  Bayar PDAM Kota Blitar di Majikan Pulsa

“Kami siap mengerjakan semua rig yang kami operasikan. Mudah-mudahan proses persiapan mulai dari studi lab dan tes berjalan lancar,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah direksi di subholding Pertamina hulu, Direktur Pertamina EP Wisnu Hindadari, Direktur Pertamina Hulu Rokan Jaffee Suardin, Direktur Pertamina EP Cepu, Endro Hartanto dan PGN Gagas Dian Kuncoro Operasional dan Komersial.

Editor: Eko Dimas Ryandi


Tandatangani Kerja Sama, PDSI Siap Pakai CNG Milik PGN Gagas

#Tandatangani #Kerja #Sama #PDSI #Siap #Pakai #CNG #Milik #PGN #Gagas

Source: www.jawapos.com