Baru Coba Investasi? Ini Alasan Reksa Dana Pasar Uang Ideal Dijadikan Pilihan Investor Pemula


Majikanpulsa.com – Bisa memberikan pendapatan pasif dan menjaga nilai aset agar tidak hancur oleh inflasi, banyak orang ingin berinvestasi. Jenis instrumen investasi yang bisa dipilih investor juga beragam dan bisa disesuaikan dengan segala kebutuhan dan kondisi keuangan.

Bagi investor pemula, reksa dana biasanya dijadikan instrumen investasi pilihan. Alasannya beragam, mulai dari cara kerja yang lebih mudah, modal investasi yang terjangkau, hingga tingkat risiko dan keuntungan yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Namun, bagi Anda yang baru terjun ke dunia investasi, ada baiknya memilih produk reksa dana pasar uang.

Ada banyak alasan mengapa reksa dana pasar uang menjadi pilihan yang baik bagi investor pemula. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini tentang apa itu reksa dana pasar uang, kelebihan dan kekurangannya.

  Gibran Janjikan Ada Restitusi Bagi Warga Yang Sudah Bayar PBB dengan Tarif 2023

Apa itu Reksa Dana Pasar Uang?

Baca juga:
Provinsi Papua Tawarkan Surga Investasi dari Hasil Laut dan Wisata

Reksa dana pasar uang adalah jenis produk reksa dana dimana dana kelolaan sepenuhnya dialokasikan ke instrumen pasar uang, obligasi dengan jangka waktu maksimal 1 tahun, dan deposito berjangka. Bahkan, jika dibandingkan dengan deposito atau tabungan bank biasa, reksa dana pasar uang dapat menawarkan peluang pengembalian yang lebih baik.

Soal risiko, produk reksa dana ini dikatakan memiliki risiko paling kecil dibandingkan jenis reksa dana lainnya. Namun, hal itu wajar saja karena peluang keuntungan reksa dana pasar uang lebih terbatas dan tidak sebesar produk reksa dana lainnya.

Oleh karena itu, banyak pihak yang menyarankan para investor baru untuk mulai berinvestasi dengan produk ini. Dengan risiko yang lebih rendah, reksadana pasar uang menjadi pilihan ideal bagi investor pemula untuk membiasakan diri dengan dunia investasi terlebih dahulu. Selain itu, reksa dana jenis ini juga cocok bagi investor yang memiliki profil risiko rendah atau konservatif serta memiliki jangka waktu investasi yang singkat.

  BI Rilis Bukti Konsep Rupiah Digital Juli 2023, Apa Artinya?

Tingkat risiko yang rendah pada reksa dana pasar uang memungkinkan investor pemula untuk mendapatkan pengalaman investasi tanpa khawatir modal turun drastis. Rendahnya risiko investasi reksa dana pasar uang ini juga menjadikannya produk yang tepat untuk dipilih ketika Anda memiliki tujuan investasi jangka pendek atau prioritas likuiditas. Hal ini disebabkan sifat reksa dana jenis ini yang mudah dicairkan pada saat dibutuhkan.

Namun jangan salah, investor berpengalaman dengan tujuan investasi jangka panjang seringkali masih memilih reksa dana jenis ini. Tujuannya adalah untuk mendiversifikasi portofolio agar nilai investasi tetap terjaga di tengah ketidakpastian pasar saham dan obligasi.

Baca juga:
Dengan nilai Rp 1,5 triliun, Korea Selatan menawarkan investasi di PPU

Berbagai Keunggulan atau Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang

  Apple memblokir aplikasi dompet Uniswap di platform

Setelah memahami secara singkat apa itu reksa dana pasar uang, sebaiknya Anda sedikit banyak memahami manfaat atau kelebihannya. Secara lebih spesifik, inilah berbagai keunggulan produk reksa dana pasar uang.

– Bisa mulai dengan modal 10 ribu atau 50 ribu.

– Potensi pengembalian lebih tinggi dari deposito atau tabungan.

– Pengelolaan dilakukan oleh Manajer Investasi secara profesional dan dibekali keahlian dan pengalaman.

– Efisiensi waktu dan tenaga karena tidak perlu menganalisa emiten investasi.

– Diversifikasi alternatif.

– Hasil investasi reksa dana tidak dikenakan pajak.

– Memiliki tingkat likuiditas yang tinggi sehingga dapat dicairkan sewaktu-waktu.


Baru Coba Investasi? Ini Alasan Reksa Dana Pasar Uang Ideal Dijadikan Pilihan Investor Pemula #Baru #Coba #Investasi #Ini #Alasan #Reksa #Dana #Pasar #Uang #Ideal #Dijadikan #Pilihan #Investor #Pemula

  Market Watch: Bitcoin Jatuh, Kini Mencoba Bangkit Lagi

Source: www.suara.com