10 tips cara menurunkan gula darah secara alami

10 tips cara menurunkan gula darah secara alami

1. Minum air putih yang cukup. 2. Makan makanan yang rendah karbohidrat. 3. Berolahraga secara teratur. 4. Kurangi atau hindari makanan berkalori tinggi. 5. Makan makanan yang kaya serat. 6. Pilih makanan yang rendah gula. 7. Jauhi minuman bersoda. 8. Makan lebih banyak buah dan sayuran. 9. Cegah stres dan istirahat yang cukup. 10. Pastikan untuk mendapatkan skrining untuk diabetes secara teratur.

10 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Jika Anda menderita diabetes atau gula darah tinggi, pastikan untuk mencoba tips ini!

  Kisah Romantis Pasangan Ini Menyimpan Rahasia yang Bikin Terharu

1. Cek gula darah secara rutin

Dianggap sebagai silent killer, kebanyakan orang tidak menyadari kadar gula darahnya lebih tinggi dari normal, yaitu 200 mg/dL. Gejalanya juga jarang terlihat sebelum gula darah tinggi.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk sering mengecek kadar gula darah. Bagi yang masih muda, bisa dimulai setiap 6 bulan sekali atau setahun sekali. Jika Anda berusia di atas 40 tahun, sebaiknya lakukan tes sebulan sekali.

Dengan cara ini, Anda dapat mendeteksi jika gula darah Anda tinggi. Jadi Anda bisa mengambil tindakan pencegahan dan mengembalikan gula darah Anda menjadi normal.

2. Minum air yang cukup

Obat gula darah yang sangat praktis dan mudah ditemukan adalah minum air putih yang cukup. Tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup untuk berfungsi secara optimal. Jika kita minum cukup air, otomatis membantu tubuh kita menurunkan gula darah tinggi secara alami.

Hal ini karena cairan dapat mempercepat kerja ginjal dalam menyaring gula darah. Kelebihan gula ini juga dikeluarkan melalui urine setelah disaring.

  Hangout menjadi Solusi Meeting Bisnis yang Efektif, Apa Saja Keuntungannya?

Air dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang meningkatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh. Itu dapat mengubah kelebihan gula yang disimpan dalam darah menjadi energi.

Namun, pastikan cairan yang Anda konsumsi adalah air. Karena minuman lain yang manis bahkan bisa menaikkan gula darah.

3. Makan makanan kaya serat

Makanan kaya serat dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula. Oleh karena itu, kadar gula darah meningkat secara perlahan.

Ada dua jenis serat, serat larut air dan serat tidak larut. Meski sama-sama baik dan penting bagi tubuh, serat larut lebih berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

Makanan kaya serat larut meliputi:

  • Pir
  • Ubi
  • Kontak
  • Wortel
  • alpukat
  • Brokoli
  • Gundam (gandum)
  • kacang polong
  • Buah jeruk termasuk limau, lemon, limau, jeruk dan grapefruits

Selain makanan tersebut, Anda tetap bisa menambahkan segala jenis serat dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

4. Menjaga berat badan ideal

Berat ideal Dapat membantu menjaga kadar gula darah normal. Hal ini dikarenakan seseorang yang kelebihan berat badan cenderung mengalami kondisi resistensi insulin.

  10 Drama Korea Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Hitung berat badan ideal dengan kalkulator BMI

Ini berarti sel-sel tubuh mereka menjadi “kebal” atau kebal terhadap insulin yang dihasilkan pankreas. Akibatnya, insulin tidak dapat secara efektif menjalankan tugas memasukkan gula dari darah ke dalam sel. Akhirnya, darah Anda mengandung gula berlebih.

Selain itu, menjaga berat badan ideal mencegah berbagai risiko penyakit serius. Mulai dari penyakit jantung, strokesampai Tekanan darah tinggi.

5. Biasakan berolahraga

Berolahraga tidak hanya dapat membantu Anda mempertahankan berat badan ideal tetapi juga meningkatkan sensitivitas insulin. Artinya, sel-sel tubuh Anda dapat bekerja lebih baik untuk mengoptimalkan kelebihan gula dalam tubuh Anda.

Selain itu, olahraga mendorong otot Anda untuk bekerja. Artinya, gula lebih banyak digunakan sebagai sumber energi dan membantu kerja otot.

Jenis permainan Hal yang benar bisa berupa angkat berat, berjalan, berlari, bersepeda, menari, hiking, berenang, dll.

  Cinta dan Kebahagiaan: Mengapa Jatuh Cinta Membuat Kita Merasa Hidup Lebih Berarti?

6. Perhatikan asupan karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber gula alami. Tubuh kita memecah karbohidrat menjadi glukosa. Kemudian insulin yang diproduksi tubuh kita memasukkan gula ke dalam sel untuk mengubahnya menjadi oksigen.

Namun, ada kalanya tubuh kita kelebihan karbohidrat. Jika hal ini terjadi otomatis gula dalam tubuh kita akan meningkat. Oleh karena itu, menjaga asupan karbohidrat menjadi kunci penting untuk menurunkan kadar gula darah secara alami.

Anda bisa memulai dari yang kecil. Misalnya dengan menghindari makanan ringan berbahan dasar tepung atau gorengan. Atau makan nasi merah sebagai pengganti nasi putih.

7. Makan lebih banyak ikan

Ikan adalah jenis daging yang sehat. Ikan tidak memiliki kandungan gula. Karena itu, lebih baik jika Anda lebih suka ikan daripada daging lainnya. Biasakan makan ikan minimal 2 kali seminggu.

Selain menurunkan kadar gula darah, ikan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Misalnya, berbagai jenis ikan juga mengandung omega-3, vitamin B2, dan vitamin D.

  Rahasia Kulit Glowing ala Selebriti Hollywood

Namun, pastikan olahan ikannya sehat. Hindari ikan goreng dan ikan yang banyak mengandung merkuri.

8. Pastikan tidur yang cukup

Kurang tidur selalu dapat mengganggu kesehatan kita dan salah satunya adalah fenomena resistensi insulin. Akhirnya sel-sel tubuh menjadi tidak peka terhadap insulin, sehingga insulin tidak dapat bekerja secara efektif.

Ini berbahaya karena kadar gula tinggi saat bangun tidur. Biasanya insulin secara perlahan dapat menurunkan kadar gula darah kembali normal. Namun, ini tidak dapat terjadi jika Anda tidak tidur.

Jadi, pastikan Anda cukup tidur. Biasakan tidur 7-8 jam sehari. Jika itu tidak memungkinkan, Anda bisa menghabiskan waktu untuk tidur daripada tidur di malam hari.

9. Sering makan

Cara menurunkan gula darah tinggi lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan sering makan porsi kecil. Dengan demikian, asupan gula Anda didistribusikan dalam porsi kecil sepanjang hari. Ini memberi tubuh Anda waktu untuk mencerna lebih sedikit gula sekaligus.

Hindari makan 1-2 porsi besar. Sebagai gantinya, cobalah membagi porsi makan Anda menjadi 5 porsi kecil sehari. Namun, pastikan makanannya sehat!

  10 Rahasia Sukses Maksimalkan Karir Anda di LinkedIn yang Tidak Dibagikan oleh Orang Lain!

10. Kelola stres

Cara terakhir namun sama pentingnya untuk menurunkan kadar gula darah adalah dengan mengelola stres. Setiap orang mengalami stres atau tekanan dalam hidup. Namun, bagaimana kita merespons stres adalah kunci untuk menghindari risiko kesehatan.

Jika stres dibiarkan, tubuh secara otomatis beradaptasi untuk bersiap. Cara tubuh merespons stres adalah dengan menyimpan lebih banyak cadangan energi. Cadangan ini biasanya berupa kandungan lemak dan glukosa.

Oleh karena itu, orang yang mengalami stres mengalami kenaikan berat badan. Akan lebih buruk bagi penderita diabetes karena cadangan gula tidak dapat diubah menjadi energi. Akibatnya, gula darah pun ikut meningkat.

Jadi, cobalah berlatih manajemen stres. Misalnya journaling, teknik pernapasan untuk menenangkan diri, meditasi bahkan yoga.

Mengapa perlu menjaga gula darah normal?

Berikut cara menurunkan gula darah yang bisa Anda terapkan. Gula darah harus dijaga pada tingkat normal. Pastikan untuk menjaga kadar gula rata-rata Anda di bawah 180 mg/dL dalam kondisi normal dan di bawah 100 mg/dL dalam kondisi puasa.

  Jangan Remehkan 5 Nomor HP Terbaik untuk Pasangan Bisnismu di Indonesia!

Hal ini dapat mencegah Anda terkena diabetes. Selain itu, diabetes juga dapat meningkatkan risiko penyakit lain:

  • Gagal ginjal
  • serangan jantung
  • stroke
  • Kerusakan pembuluh darah
  • Kerusakan pada sistem saraf
  • Gangguan penglihatan
  • Amputasi karena cedera

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#tips #cara #menurunkan #gula #darah #secara #alami majikan pulsa 10 tips cara menurunkan gula darah secara alami