Wajan besi cor terbuka vs ber-enamel, mana yang lebih baik?

Dalam memilih wajan untuk keperluan memasak, kita harus mempertimbangkan beberapa faktor, salah satunya adalah bahan yang digunakan. Dua bahan wajan yang sering digunakan adalah besi cor terbuka dan ber-enamel.

Wajan besi cor terbuka memiliki kelebihan yaitu kemampuannya dalam menghasilkan panas yang merata dan tahan lama. Namun, kekurangannya adalah mudah berkarat dan membutuhkan perawatan khusus agar awet.

Sementara itu, wajan berenamel tahan terhadap karat dan mudah dalam perawatan. Namun, kelemahannya adalah kurang mampu dalam menahan panas dan seringkali hasil masakan menjadi tidak merata.

Jika kita mempertimbangkan aspek kepraktisan, wajan berenamel tampak lebih unggul karena mudah dalam perawatan. Namun, jika kita memperhatikan hasil masakan yang lebih baik maka wajan besi cor terbuka menjadi pilihan yang tepat. Sebaiknya tentukan pemilihan wajan berdasarkan kebutuhan dan preferensi masakan, agar memperoleh hasil masakan yang maksimal.

Tidak ada peralatan masak yang begitu praktis seperti wajan besi cor. Ini memberikan rasa, rasa, dan kualitas memasak yang unik, yang tidak dapat dicapai oleh bahan lain. Namun perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya ada dua jenis wajan besi cor yang tersedia, yang akan mempengaruhi kualitas wajan serta performa akhir. Artinya, meskipun Anda mendapatkan salah satu wajan besi cor terbaik, Anda dapat memilih jenis yang salah dan merusak pengalaman Anda secara keseluruhan.

  10 Produk Make Up Lokal Terbaik yang Harus Kamu Coba

Wajan besi cor sebenarnya terbagi dalam dua kategori – terbuka dan berenamel. Masing-masing hadir dengan kelebihan dan kekurangannya, dan ketika diadu satu sama lain, sulit untuk memilih. Itulah mengapa kami menyusun panduan komprehensif ini untuk memecah perbedaan dan membantu Anda memutuskan.

Jadi ketika berbicara tentang wajan besi cor terbuka vs berenamel, Anda akan tahu mana yang terbaik untuk Anda.

Jenis apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda menghindari 5 kesalahan yang Anda buat dengan wajan besi cor Anda.

Wajan besi cor terekspos vs berenamel — apa bedanya?

Kedua jenis panci dibuat dari besi tuang — perbedaannya terletak pada hasil akhirnya. Besi cor yang terekspos hanya itu: besi tuang dari intinya ke permukaan. Seperti apa yang Anda bayangkan secara tradisional dari besi tuang; wajan hitam berat dengan lapisan bumbu di atasnya.

Besi tuang berenamel, di sisi lain, memiliki lapisan enamel di permukaan untuk melindungi dan menampung besi tuang. Dalam melakukan ini, ia dapat memiliki tampilan yang lebih berwarna, dan juga tampilan yang agak lebih mengkilap. Seperti yang akan Anda lihat, tergantung pada jenis besi tuang yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan pengalaman yang sangat berbeda dari setiap panci.

  Mengenal Teknologi QRIS dan Pengaruhnya terhadap Bisnis di Indonesia

Manfaat besi cor terbuka

  • Umur panjang yang lebih baik – Dipelihara dengan baik, besi cor yang terbuka bertahan seumur hidup. Peralatan masak tidak akan lebih kuat dari ini. Bahkan jika terkena karat, ini dapat dengan mudah dihilangkan dan lapisan bumbu dioleskan kembali. Berikut cara membersihkan wajan besi cor dan menghilangkan karat sebagai panduan.
  • Non-stick alami — Dengan bumbu biasa, besi cor Anda yang terbuka akan mengembangkan permukaan anti lengket alami. Ini membuatnya ideal untuk memasak semua jenis makanan lembut, seperti telur atau sayuran.
  • Pilihan yang terjangkau — Berdampingan, Anda akan menemukan bahwa besi tuang yang terbuka memiliki harga yang lebih murah, dengan wajan mulai dari $19. Besi cor berenamel umumnya dijual oleh merek yang lebih premium sebagai perbandingan.
  • Noda kurang jelas – Karena lapisan akhir yang gelap, kecil kemungkinan Anda akan melihat tanda gosong di bagian bawah serta noda membandel di bagian dalam wajan ini, yang keduanya bisa sangat sulit dihilangkan.
  Skincare ala K-Beauty yang Wajib Kamu Coba

Kelemahan dari besi cor terbuka

Wajan besi tuang disikat dengan minyak di atas permukaan kayu

  • Membutuhkan perawatan – Jika Anda memilih besi tuang yang terbuka, Anda perlu mempelajari cara membumbui wajan besi tuang. Besi tuang yang terbuka harus dibumbui, jika tidak maka akan rentan terhadap karat. Selain itu, makanan akan menempel saat Anda mencoba memasak di dalamnya. Anda harus membumbui wajan besi cor 2-3 kali setahun, dan mengoleskan minyak ke dalamnya setelah digunakan.
  • Lebih banyak upaya untuk membersihkan — Secara alami, besi tuang yang terbuka membutuhkan lebih banyak usaha untuk dibersihkan, terutama karena permukaan yang berbintik-bintik dapat dengan mudah menjebak makanan. Lapisan bumbu perlu dipertahankan, dan rentan terhadap deterjen keras serta alat pembersih yang abrasif. Besi cor Anda juga tidak dapat terkena kelembapan untuk waktu yang lama. Itu artinya, tidak ada mesin pencuci piring dan tidak ada perendaman. Jadi, membersihkan dengan hati-hati dengan tangan, dan mengeringkannya secara menyeluruh setelahnya adalah satu-satunya pilihan Anda.
  • Tidak ada warna yang tersedia — Kedengarannya seperti keraguan kecil, tapi masih layak disebut. Beberapa orang menyukai semangat dan warna yang ditawarkan oleh besi cor berenamel. Sayangnya, Anda tidak akan mendapatkannya dengan besi tuang yang terbuka. Wajan jenis ini hanya tersedia dalam warna hitam standar, dan akan menjadi gelap jika digunakan secara teratur. Tetapi beberapa memang lebih menyukai penampilan tradisional ini.
  • Lebih sulit dilihat saat Anda memasak — Masalah lain dengan kurangnya warna berkaitan dengan betapa mudahnya melihat saat Anda memasak. Bagian dalam wajan besi cor yang terbuka berwarna hitam, sedangkan enamel bisa berwarna putih atau krem. Dengan yang terakhir Anda memiliki pandangan yang lebih mudah tentang apa yang Anda masak – dan seberapa matangnya itu.
  Debat Pemerintah Swiss tentang Masa Depan Credit Suisse

Manfaat besi cor berenamel

Wajan besi cor terbaik

  • Kurang perawatan — Ini adalah salah satu manfaat terbesar saat membandingkan kedua jenis peralatan masak ini. Anda tidak perlu membumbui besi tuang berenamel — lapisan berenamel melindungi inti besi tuang dari karat, asalkan tetap utuh.
  • Mudah untuk dibersihkan – Manfaat lainnya adalah kemudahan membersihkan permukaan berenamel ini. Ini memiliki lapisan mengkilap yang halus dibandingkan dengan besi tuang yang terbuka, yang membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. Dan karena lapisan pelindung ini, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang paparan kelembapan. Beberapa bahkan aman untuk mesin pencuci piring, meskipun kami tidak merekomendasikan ini karena sifat abrasif deterjen pencuci piring dapat menumpulkan enamel. Perendaman sangat mungkin dilakukan, dan Anda tidak perlu khawatir tentang makanan yang terperangkap di permukaan dengan mudah.
  • Rentang warna glossy tersedia — Jika estetika sangat berarti bagi Anda, dan Anda menginginkan wajan yang cocok dengan dekorasi dapur Anda, Anda akan lebih beruntung dengan lapisan berenamel. Ini biasanya datang dengan eksterior yang hidup dan berwarna-warni. Merek seperti Le Creuset dan Staub memiliki banyak pilihan untuk dipilih.
  • Lebih mudah dilihat saat Anda memasak — Berbicara tentang warna, jika Anda memilih wajan besi cor berenamel dengan interior pucat, Anda akan memiliki pandangan yang lebih jelas tentang masakan Anda. Bukan hanya dari segi pencoklatan di bagian luar, tapi juga dari segi kelembapan.
  Cara Hitung Biaya Bangun Rumah Per Meter Mudah Dipahami

Kelemahan dari besi cor berenamel

Besi Tuang dengan Soda Kue

  • Lebih rentan — Sementara besi tuang berat dan kokoh, eksterior berenamelnya tidak begitu kuat. Permukaan berenamel dapat retak atau rusak jika salah penanganan dan lama-kelamaan dapat menjadi tumpul, baik karena pembersihan, atau penggunaan rutin. Setelah ini terjadi, wajan akan menjadi rentan terhadap karat dan anti lengket akan rusak. Tidak ada cara untuk memperbaiki lapisan enamel, jadi yang bisa Anda lakukan hanyalah mendaur ulang wajan. Sayangnya, umur panjang akhirnya berkurang karena lapisan ini.
  • Memerlukan minyak- Tanpa lapisan bumbu, besi tuang berenamel tidak akan memiliki lapisan anti lengket dari besi tuang yang terbuka. Artinya, Anda harus mengoleskan minyak dalam jumlah yang baik setiap kali digunakan. Jika tidak, Anda bisa berakhir dengan memasak yang berantakan.
  • Umumnya lebih mahal – Panci ini umumnya dijual oleh merek yang lebih premium seperti Le Creuset dan Staub, jadi tentu saja Anda akan membayar lebih untuk itu. Meski beberapa merek, seperti Hamilton Beach memperkenalkan opsi yang lebih terjangkau untuk menjembatani kesenjangan antara keduanya.
  • Noda bisa lebih jelas – Sayangnya, dengan eksterior yang lebih berwarna muncul tanda hangus yang lebih jelas, terutama di bagian bawah. Dengan penggunaan teratur, wajan Anda yang bersih akan segera terlihat lebih buruk untuk dipakai dan akan membutuhkan sedikit minyak siku agar terlihat seperti baru lagi. Meskipun, dengan soda kue dan ketekunan, hal ini bisa diperbaiki.
  Bagaimana Messenger Meningkatkan Komunikasi dalam Keluarga?

Wajan besi cor terbuka vs berenamel – mana yang lebih baik?

Wajan besi cor terbaik

Jawaban atas pertanyaan ini sepenuhnya tergantung pada preferensi Anda. Masing-masing memiliki jumlah poin baik dan buruk yang genap. Besi tuang terbuka menawarkan daya tahan, keterjangkauan, dan kenyamanan yang lebih baik dalam hal lapisan anti lengket. Sedangkan besi cor berenamel lebih mudah dibersihkan, dan tidak memerlukan bumbu sehingga lebih mudah perawatannya.

Para ahli, seperti Ben Rayl, koki dan blogger makanan di Comfort Food (buka di tab baru), akan merekomendasikan besi tuang yang terbuka lebih baik untuk penggunaan biasa, sedangkan enamel lebih disukai untuk penggunaan sesekali.

Pada akhirnya, tergantung pada apa yang Anda hargai dan apakah Anda menikmati pemeliharaan tradisional besi cor yang terbuka. Apapun yang Anda pilih, hasilnya dijamin lezat.

  Analisis Kesalahpahaman Umum Tentang Kredit Retensi Karyawan

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Wajan #besi #cor #terbuka #berenamel #mana #yang #lebih #baik majikan pulsa Wajan besi cor terbuka vs berenamel – mana yang lebih baik?

Menurut pengalaman, wajan besi cor terbuka dan wajan berenamel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, wajan besi cor terbuka lebih tahan lama dan hemat energi dibanding wajan berenamel. Sementara wajan berenamel mendapatkan nilai plus pada keindahan dan mudah dibersihkan. Tetapi, setiap pilihan tergantung pada kebutuhan dan preferensi penggunanya. Informasi lebih detail tentang wajan bisa ditemukan di https://www.majikanpulsa.com.