Tips mengatasi pegal dan nyeri di sekitar jari dan tangan

Majikanpulsa.com – Informasi Tips mengatasi pegal dan nyeri di sekitar jari dan tangan

#Tips #mengatasi #pegal #dan #nyeri #sekitar #jari #dan #tangan

Bukan hanya karena terlalu lama mengemudi, pegal-pegal di tangan juga bisa disebabkan karena terlalu lama mengetik. Kesibukan menulis artikel, membuat proposal penting, atau membalas email, terkadang membuat seseorang mengabaikan rasa sakit yang dirasakannya. Ini tentu bukan hal yang baik.

Pegal dan nyeri pada pergelangan tangan dan lengan akibat terlalu banyak mengetik bisa mengganggu aktivitas. Apalagi jika dibiarkan, dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan. Agar pegal-pegal di tangan tidak semakin mengganggu, simak cara mudah mengatasinya pada ulasan berikut ini.

  Inilah 5 Jenis Kaya Terenak di Indonesia yang Harus Kamu Coba

Mengetik Terlalu Lama, Bagaimana Nyeri Bisa Muncul?

sakit tangan
Terlalu banyak mengetik dapat menyebabkan sakit tangan

Menurut William Seitz, Jr., MD, ahli bedah ortopedi dari Amerika Serikat, sebenarnya mengetik terlalu lama di komputer bukanlah hal yang berbahaya. Namun, jika seseorang memiliki masalah dengan persendian atau keselarasan kerangka tulang, aktivitas mengetik yang berulang dan berkepanjangan dapat meningkatkan risiko timbulnya rasa sakit.

Umumnya ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi, misalnya cedera, osteoarthritis, hingga perubahan struktur tulang belakang (akibat proses penuaan). Seseorang dengan beberapa keluhan tersebut biasanya akan semakin parah jika melakukan aktivitas dengan tangan secara berulang.

Namun, meski tidak memiliki keluhan fisik apapun, mengetik terlalu lama juga bisa menyebabkan pegal-pegal di tangan. dr. Sara Elise Wijono, Pn., menuturkan, posisi yang tidak ergonomis (nyaman) saat mengetik dapat menyebabkan nyeri pada tangan. Selain itu, mengetik terlalu lama juga bisa memperburuk keadaan sindrom terowongan karpal dan radang sendi di tangan.

  Mengapa Konten Marketing Adalah Kunci Sukses Bisnis Online

Baca Juga: Bekerja di Rumah Bikin Bosan dan Stres Berkepanjangan? Inilah Cara Menghilangkannya

Tips Mudah Tangan Pegal dan Sakit

membentang
Peregangan

Bagi yang pekerjaannya berhubungan dengan dunia tulis-menulis, tangan yang sering pegal dan pegal tentu akan mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi masalah yang dirasakan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Ini dr. Sara membagikan beberapa tips sederhana untuk menghilangkan rasa sakit dan lelah pada tangan saat mengetik terlalu lama.

  • Tempatkan monitor atau laptop, keyboard, mouse dan atur dengan baik. Sesuaikan juga ketinggian kursi, agar tetap nyaman saat mengetik dalam waktu lama.
  • Temukan posisi duduk yang nyaman sesuai dengan bentuk tubuh Anda agar rasa pegal dan nyeri saat mengetik berkurang.
  • Jaga agar lengan dan pergelangan tangan Anda sejajar saat Anda mengetik, berusaha untuk tidak bertemu.
  • Atur posisi duduk tegak dan jangan memaksakan diri untuk tetap nyaman saat mengetik. Sebaiknya hindari mencondongkan tubuh atau mencondongkan tubuh ke depan.
  • Jangan lupa istirahat setiap jam. Istirahat sejenak untuk berhenti mengetik, istirahatkan jari dan tangan Anda dari aktivitas apapun agar bisa beristirahat.
  • Lakukan gerakan membentang ringan sehingga tangan dan badan tidak terasa kaku dan pegal. Jangan memaksakan diri untuk terus mengetik jika tangan terasa lelah dan pegal.
  • Untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri di tangan, selalu ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Sehingga pengobatan yang diberikan lebih akurat dan sesuai kebutuhan.
  Koin Tabungan Emas Blibli Diskon Awal Tahun Hingga 556 ribu

Misalnya, jika Anda bermasalah dengan posisi duduk, Anda dapat mengubah posisi. Namun bila nyeri yang Anda rasakan disebabkan oleh peradangan, maka mengonsumsi obat antiradang dapat membantu. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan waktu yang cukup bagi tangan Anda untuk beristirahat.

Jika Anda merasakan sakit yang mengganggu di tangan Anda, Anda juga bisa minum obat penghilang rasa sakit. Misalnya obat-obatan seperti ibuprofen dan parasetamol. Ketika tangan Anda terasa sangat sakit, cobalah untuk membatasi gerakan tangan Anda. Sebaiknya berikan kompres hangat pada tangan Anda, lalu atur posisi yang nyaman saat mengetik.

Baca Juga: Selain membatasi penggunaan gadget, berikut 8 cara menjaga kesehatan mata

Cara Meredakan Sakit Bahu Akibat Terlalu Lama Di Depan Komputer

Selain nyeri akibat mengetik terlalu lama, hal lain yang bisa dirasakan adalah nyeri bahu akibat terlalu lama duduk di depan monitor komputer. Untuk itu ada baiknya kamu juga mengetahui cara mengatasi rasa sakit yang dialami akibat duduk terlalu lama di depan layar komputer, berikut langkah-langkahnya.

  Pengertian Hukum Bisnis, Tujuan, dan Fungsinya

1. Kompres Bahu dengan Es Batu

Lebih baik jika Anda mengalami nyeri bahu untuk menghindari pijatan segera. Ibu cukup mengoleskan kompres dingin ke area yang terkena. Mengompres bahu dengan es selama 15-20 menit tiga atau empat kali sehari selama beberapa hari dapat membantu mengurangi nyeri.

Anda dapat menggunakan kompres es atau bungkus es dengan handuk karena mengoleskan es langsung ke kulit dapat menyebabkan radang dingin dan kulit terbakar.

Atau untuk pengobatan dalam, Anda dapat mengonsumsi parasetamol untuk meredakan nyeri. Jika nyeri tidak mereda setelah 2-3 hari, segera temui dokter.

2. Istirahat dan Peregangan

Sangat penting untuk tetap aktif, meskipun Anda merasa tidak bisa berbuat banyak. Jika Anda mencoba mencapai keseimbangan yang baik antara istirahat dan aktivitas, ini akan membantu menghentikan nyeri bahu.

  Cara Membuat Proses Checkout Optimal di E-Commerce - My Money

Cobalah untuk menghindari gerakan yang sangat menyakitkan. Mengangkat lengan di atas bahu atau menjauhkannya dari tubuh bisa sangat menyakitkan.

Jadi, sebaiknya hindari gerakan seperti ini sebisa mungkin hingga nyeri berkurang. Jika Anda perlu mengangkat lengan, cobalah untuk mengurangi ketegangan pada bahu Anda dengan:

  • Jaga agar siku Anda tertekuk dan di samping tubuh Anda
  • Jaga agar telapak tangan Anda menghadap ke langit-langit saat Anda meraihnya
  • Untuk menurunkan lengan, tekuk siku, dekatkan tangan ke tubuh

Praktekkan gaya hidup sehat

Cara-cara mengatasi pegal-pegal di tangan yang sudah dijelaskan di atas bisa dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat mengetik terlalu lama. Selain itu, agar nyeri yang dirasakan tidak semakin parah, sebaiknya lakukan pengobatan yang tepat dengan menjaga pola hidup sehat.

  Satgas BLBI Panggil 5 Debt Collector Serahkan Rp 193 Miliar - Makro Katadata.co.id

Misalnya dengan memenuhi asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi seperti asupan kolagen. Sedangkan untuk asupan vitamin tambahan, tetap perlu disesuaikan dengan kondisi. Seperti mengonsumsi vitamin B kompleks yang baik untuk menjaga kesehatan saraf. Selain itu, penting juga untuk melakukan olahraga teratur mulai dari membentang atau keseleo, terutama di tangan dan persendian.

Secara umum, semuanya kembali ke pola makan yang sehat, seimbang, dan istirahat yang cukup. Sehingga tubuh mendapatkan semua vitamin yang dibutuhkannya dan juga waktu istirahat untuk pemulihan. Dengan begitu, masalah pegal-pegal baik di tangan maupun di seluruh tubuh bisa diminimalisir.

Baca Juga: Efek Buruk Game ‘Medsos’ yang Terlalu Serius Ini

#Tips #mengatasi #pegal #dan #nyeri #sekitar #jari #dan #tangan Tips mengatasi pegal dan nyeri di sekitar jari dan tangan

  Dompet Digital, Semua Transaksi Jadi Lebih Mudah dan Cepat.

sumber: www.cermati.com