Tips Lulus Tes Psikologi SIM – Majikanpulsa.com

tips lulus tes psikologi sim - majikanpulsa.com

Majikanpulsa.com – Tips Lulus Tes Psikologi SIM – Majikanpulsa.com

#Tips #Lulus #Tes #Psikologi #SIM #Majikanpulsa.com

Sejak Juni 2020, lulus psikotes menjadi syarat utama untuk mendapatkan dan memperbaharui Surat Izin Mengemudi (SIM).

Latar belakang ditambahkannya psikotes ke dalam bentuk tes lain bagi seseorang yang memenuhi syarat untuk memiliki SIM adalah untuk mencegah mereka yang mengalami gangguan psikologis atau gangguan kesehatan jiwa agar SIM-nya diterbitkan demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Berdasarkan UU No. 22 Tahun 2019 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Salah satu syarat pendaftaran SIM adalah calon pengemudi harus lulus uji kesehatan, jasmani dan rohani.

Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin membuat atau memperbaharui SIM, mempersiapkan diri tidak hanya untuk tes tulis dan praktek tetapi juga tes psikologi.

Bocoran Psikotest Bikin Surat Izin Mengemudi Jadi Persiapan Lebih Matang

tes psikologi ujian sim di polda metro jaya
Tes Psikologi SIM di Polda Metro Jaya (Sumber: detik.com)

Berbagai pertanyaan yang harus diisi oleh calon SIM baru atau yang akan memperpanjang SIM untuk tes psikologi terbagi menjadi 6 kategori, yaitu:

  • Kemampuan untuk berkonsentrasi
  • ketepatan
  • stabilitas emosional
  • Kontrol diri
  • Kemampuan untuk memecahkan diri sendiri
  • Daya tahan kerja
Baca juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah Dengan Mudah - Majikanpulsa.com

Adapun jumlah soal yang harus diisi, jumlah soal yang diberikan berbeda untuk pelamar baru dan yang akan memperpanjang. Bagi pendaftar baru akan diberikan 24 soal dan yang memperpanjang akan diberikan 18 soal.

Bayangan tes psikologi pembuatan sim adalah pertanyaan, seperti:

  • Saya suka mengemudi dengan kecepatan tinggi (YA/TIDAK)
  • Saya sering emosi saat pengendara lain membunyikan klakson (YA/TIDAK)
  • Penglihatan saya berkurang pada malam hari (YA/TIDAK)

Rentang waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal adalah 30 detik untuk menyelesaikan 1 soal. Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan semua soal kurang lebih 10-15 menit.

Tes psikologi SIM diadakan di setiap kantor polisi yang menyediakan layanan pembuatan dan perpanjangan SIM. Biaya yang perlu disiapkan untuk mendaftar psikotes ujian SIM adalah Rp 35.000,- dan dibayarkan setelah peserta lulus.

Psikotes ini juga digunakan untuk menguji pelamar baru dan memperpanjang SIM A, BI, BII, C dan D.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Cara Membuat SIM dan Koneksi Baru di Masa New Normal

Tips Mengikuti Psikotes Agar Lulus Ujian SIM

tes psikologi sim

Sama seperti ujian yang merupakan bagian dari ujian SIM lainnya. Persiapan untuk psikotes juga sangat penting untuk dilakukan.

Walaupun soal yang diberikan tidak sebanyak soal ujian tertulis lainnya pada ujian SIM. Namun diperlukan daya konsentrasi yang baik dalam mengisi setiap soal psikotes ujian SIM.

Baca juga :  Menggunakan fitur COD tanpa pasaran? Berlangganan ke Aplikasi!

Pengisian yang asal-asalan akan memberikan hasil yang tidak memuaskan, hasil yang tidak memuaskan tentunya akan membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan atau memperpanjang SIM.

Berikut tips yang bisa dilakukan saat ingin melakukan psikotes untuk ujian SIM.

  1. Datang Lebih Awal

    Menunggu ujian lebih lama biasanya akan membuat keadaan emosi seseorang sedikit temperamental entah karena harus menunggu terlalu lama atau karena terdesak dan tergesa-gesa. Keadaan emosi seperti itu akan mengurangi konsentrasi dan bisa membuat kita lengah dalam mengisi soal ulangan.

  2. Kondisi Tubuh Sehat dan Bugar

    Tubuh yang sehat dan bugar akan membuat Anda lebih percaya diri dan lebih baik dalam mengisi soal ulangan. Dengan kondisi fisik yang sehat, pikiran menjadi lebih segar, daya fokus meningkat dan lebih cepat dalam mengisi pertanyaan. Untuk itu, pastikan Anda cukup tidur sebelum mengikuti psikotes keesokan harinya.

  3. Jangan Ambil Tes Saat Anda Lapar

    Perut yang lapar akan mengurangi fokus dan konsentrasi. Kurangnya kedua hal ini akan menyulitkan Anda dalam mengisi soal.

  4. Baca Setiap Pertanyaan Dengan Hati-hati

    Karena isi soal kebanyakan adalah soal pilihan ganda (2-4 pilihan). Jadi, hindari mengisi pertanyaan dengan tergesa-gesa. Baca soal dengan teliti, tidak perlu kejar waktu dalam mengerjakan soal. Gunakan 30 detik untuk setiap pertanyaan yang diberikan sebanyak mungkin.

  5. Jangan Ragu untuk Bertanya

    Jika terdapat penyimpangan pada soal atau pilihan jawaban yang Anda temukan pada psikotes. Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas. Hambatan seperti kesalahan dalam bertanya bukanlah kesalahan peserta.

    Jadi, jangan takut atau malu untuk bertanya kepada petugas kendala yang dihadapi selama proses tes, baik itu pertanyaan atau pilihan jawaban yang membuat Anda tidak bisa mendapatkan atau memperpanjang SIM.

Baca juga :  Tips membuat laporan penutup lebih praktis dengan Aplikasi!

Baca Juga: Cara Mendapatkan SIM Internasional Dan Biayanya Agar Bisa Keliling Dunia

Pastikan Dokumen Persyaratan Lengkap sebelum Tes

Kelengkapan dokumen baik untuk pengurusan SIM baru maupun perpanjangan merupakan hal yang paling penting untuk dipersiapkan. Jika persyaratan dokumen kurang, proses selanjutnya untuk aplikasi SIM atau perpanjangan SIM tidak akan diberikan.

Jadi, persiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang diperlukan seperti E-KTP dan fotokopi, surat keterangan dokter/KIR dokter dan formula sidik jari. Jangan biarkan apa pun tergelincir dan membuat Anda bolak-balik dan hanya membuang waktu.

Baca Juga: Munculnya SIM Pintar Buatan Polri, Bagaimana Cara Mendapatkannya dan Berapa Harganya?


Tips Lulus Tes Psikologi SIM – Majikanpulsa.com

#Tips #Lulus #Tes #Psikologi #SIM #Majikanpulsa.com

Source: www.cermati.com