Tantangan pil aborsi diajukan ke hadapan hakim di Texas

Dalam sebuah kasus kontroversial, hakim di Texas dihadapkan pada tantangan untuk memutuskan legalitas pil aborsi. Kasus ini menimbulkan perdebatan luas tentang hak-hak reproduksi wanita dan kebijakan medis yang kontroversial.

AMARILLO, Texas (AP) – Seorang hakim federal pada Rabu akan mendengarkan argumen dalam kasus pengadilan berisiko tinggi yang dapat mengancam akses ke aborsi obat dan menumpulkan otoritas regulator obat AS.

Hakim Matthew Kacsmaryk dari Texas sedang mempertimbangkan gugatan dari kaum konservatif Kristen yang ditujukan untuk membatalkan persetujuan Food and Drug Administration yang telah berusia lebih dari 2 dekade atas pil aborsi mifepristone. Obat tersebut, bila digunakan dengan pil kedua, telah menjadi metode aborsi yang paling umum di AS

Pada dasarnya tidak ada preseden bagi hakim tunggal yang mengesampingkan keputusan ilmiah FDA. Dan ahli hukum telah memperingatkan konsekuensi yang luas jika hakim mulai menebak-nebak keputusan FDA tentang keamanan dan efektivitas obat.

  Rumor Samsung Galaxy S24 Ultra menampilkan layar 144Hz, konektivitas satelit, dan lainnya

Sidang hari Rabu adalah yang pertama dalam kasus tersebut, yang dilacak secara intensif oleh kelompok-kelompok di kedua sisi masalah aborsi setelah pembalikan Roe v. Wade tahun lalu. Namun, ada sedikit pemberitahuan sebelumnya tentang sesi profil tinggi, yang hanya muncul di map online publik Senin malam setelah laporan berita menimbulkan kekhawatiran tentang kurangnya transparansi dalam proses tersebut.

Kacsmaryk mengatakan kepada pengacara dalam kasus hari Jumat bahwa dia akan menunda pengajuan untuk meminimalkan ancaman dan kemungkinan protes, sebuah perkembangan yang pertama kali dilaporkan oleh The Washington Post. Dia juga meminta para pengacara untuk tidak mengungkapkan tanggal sidang, menurut transkrip pertemuan yang dirilis Selasa.

Tindakan hakim seperti itu sangat tidak biasa karena proses pengadilan hampir selalu terbuka untuk umum dan transparansi merupakan asumsi yang mendasari sistem peradilan Amerika.

  Cara Membuat Alis Tebal dan Rapi dengan Mudah

Kacsmaryk, ditunjuk oleh Presiden Donald Trump, sebelumnya bekerja sebagai pengacara untuk kelompok hukum Kristen dan telah menulis secara kritis undang-undang yang mengizinkan aborsi. Pendukung hak aborsi mengatakan kaum konservatif mengarahkan kasus ke ruang sidangnya karena mereka percaya dia akan memenangkan mereka.

Pada hari Rabu, Kacsmaryk akan mendengar argumen di Amarillo dari Aliansi untuk Membela Kebebasan – yang mengajukan gugatan atas nama beberapa kelompok anti-aborsi dan dokter – serta pengacara federal yang mewakili FDA. Produsen obat, Danco Laboratories, juga merupakan pihak dalam kasus ini dan bersiap untuk berdebat agar pilnya tetap tersedia.

Cerita berlanjut

Aliansi mencari perintah yang akan memaksa FDA untuk mencabut persetujuan mifepristone. Tetapi tidak jelas seberapa cepat hal itu bisa terjadi atau proses apa yang diperlukan. FDA memiliki prosedurnya sendiri untuk mencabut persetujuan obat yang melibatkan audiensi publik dan pertimbangan ilmiah, yang bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

  Headset Terbaru dengan Fitur Canggih yang Akan Membuat Anda Terpesona!

Jika Kacsmaryk menentang FDA, pengacara federal diharapkan untuk segera mengajukan banding atas keputusan tersebut dan meminta penangguhan darurat untuk menghentikannya agar tidak berlaku saat kasus dilanjutkan.

Mifepristone adalah bagian dari rejimen dua obat yang telah menjadi standar untuk pengobatan aborsi di AS sejak tahun 2000. Jika mifepristone dikesampingkan, klinik dan dokter yang meresepkan kombinasi mengatakan mereka berencana untuk beralih menggunakan hanya obat kedua, misoprostol. Pendekatan obat tunggal itu sedikit kurang efektif untuk mengakhiri kehamilan, meski banyak digunakan di negara-negara di mana mifepristone ilegal atau tidak tersedia.

Gugatan Texas menuduh bahwa persetujuan FDA atas mifepristone pada tahun 2000 cacat karena beberapa alasan, termasuk tinjauan risiko keamanan pil yang tidak memadai. Gugatan tersebut juga menantang beberapa keputusan FDA kemudian yang melonggarkan pembatasan pil, termasuk menghilangkan persyaratan bahwa wanita mengambilnya sendiri.

  Ini Rahasia Akuntansi yang Bikin Kamu Jadi Jutawan!

Pengacara FDA telah menunjukkan bahwa efek samping yang serius dengan mifepristone jarang terjadi dan badan tersebut telah berulang kali menegaskan keamanan obat tersebut dengan meninjau studi dan data selanjutnya. Menarik obat lebih dari 20 tahun setelah persetujuan akan menjadi “luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya,” kata pemerintah dalam tanggapan hukumnya.

Biasanya, otoritas FDA untuk mengatur obat resep tidak tertandingi. Tetapi lebih dari selusin negara bagian sekarang memiliki undang-undang yang membatasi aborsi secara luas – dan khususnya pil – menyusul keputusan Mahkamah Agung tahun lalu yang membatalkan Roe v. Wade.

Tuntutan hukum yang menantang pembatasan negara bagian, termasuk di Carolina Utara dan Virginia Barat, sedang berlangsung secara terpisah dan diperkirakan akan berlanjut selama bertahun-tahun.

  Tren 'Selfie' semakin Populer, Bagaimana dengan Kualitas Kamera pada Smartphone Anda?

___

Perrone melaporkan dari Washington.

___

Departemen Kesehatan dan Sains Associated Press menerima dukungan dari Grup Media Sains dan Pendidikan Howard Hughes Medical Institute. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.

___

Ikuti liputan lengkap AP tentang aborsi:

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Tantangan #pil #aborsi #diajukan #hadapan #hakim #Texas majikan pulsa Tantangan pil aborsi diajukan ke hadapan hakim di Texas

Akhirnya, tantangan pil aborsi telah diajukan ke hadapan hakim di Texas. Dengan perdebatan yang memanas tentang hak-hak wanita dan hak-hak bayi yang belum lahir, banyak yang menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya. Namun, memang sulit untuk memprediksi hasilnya. Bagi informasi lebih lanjut tentang topik ini, kunjungi https://www.majikanpulsa.com.

sumber: news.yahoo.com