Rukun Shalat Jumat

Rukun Shalat Jumat –

Rukun Shalat Jumat adalah bacaan dan gerakan-gerakan yang harus dilakukan dalam shalat Jumat. Rukun ini terdiri dari enam bagian yaitu takbiratul ihram, membaca Surat Al-Fatihah, membaca Surat Al-Jumu’ah, sujud dua kali, berdiri untuk mendengarkan khutbah, dan shalawat. Rukun ini penting untuk dipelajari karena shalat Jumat merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim. Selain itu, melaksanakan shalat Jumat juga memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan sosial dan spiritual umat Muslim.

Ibadah shalat Jumat merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh pria muslim setiap hari Jumat dengan memperhatikan rukun shalat Jumat

  Sejarah Kabah

Ibadah shalat Jumat merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan dalam Islam, khususnya untuk kaum pria. Ibadah ini tidak dapat dilakukan sendirian dan harus secara berjamaah dengan jumlah tertentu. Untuk melaksanakannya, ada beberapa rukun shalat Jumat serta syarat sah shalat Jumat yang harus dipahami.

Perintah melaksanakan shalat Jumat dapat dibaca di dalam Al Qur’an surah Al Jumuah ayat 9. Di dalamnya Allah memerintahkan orang beriman untuk segera menunaikan shalat Jumat ketika diseru kepadanya. Shalat ini sendiri hanya diwajibkan bagi kaum pria yang mukim saja dan bukan yang sedang musafir.

Syarat Sah Shalat Jumat

1. Terdapat Khutbah Shalat Jumat

Selain melaksanakan rukun shalat Jumat, syarat sah shalat Jumat yang harus dipenuhi adalah adanya khutbah Jum’at. Khutbah Jumat harus dilakukan sebanyak dua kali khutbah sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa salam kepada para sahabat beliau.

Pendapat ini sebagaimana juga yang diakui oleh mayoritas ulama mazhab Malikiyah, Syafi’iyah, dan juga Hanbali. Sementara ulama mazhab Syafi’iyah menambahkan syarat pada khutbah Jumat agar dapat dianggap sah, yakni:

  • Ungkapan puji dan syukur kepada Allah
  • Mengucapkan shalawat kepada Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wa salam
  • Khutbah memberikan wasiat takwa kepada para jamaahnya. Ketiga syarat pertama ini adalah syarat yang harus dilaksanakan di kedua khutbah
  • Di salah satu dari dua khutbah, khatib membacakan salah satu ayat dari Al Qur’an
  • Berdoa untuk kebaikan kaum muslimin di khutbah yang kedua
  12 Dosa Besar Menurut Al-Quran dan Hadits (Wajib Tahu)

Hanya saja, syarat di atas adalah syarat yang digali oleh ulama mazhab Syafi’i saja dan bukan berlandaskan pada dalil yang jelas.

Baca juga Shalat Tahiyatul Masjid

Sementara Rasul shalallahu alaihi wa salam sendiri memberikan contoh khutbah Jumat yang diisi dengan nasehat, motivasi, serta ancaman bagi pelaku maksiat. Oleh karena itu, syarat di atas sebenarnya adalah syarat yang melazimkan saja dan tidak wajib ada.

2. Shalat Jumat Dilakukan Secara Berjamaah

Tidak semua orang diwajibkan untuk menunaikan shalat Jumat. Shalat Jumat hanya diwajibkan untuk lima kriteria di bawah ini, yakni:

  • Pria
  • Orang yang bermukim
  • Merdeka
  • Sehat
  • Selamat dari lumpuh

Agar shalat Jumat menjadi sah, maka shalat tersebut harus dilaksanakan dengan jamaah lainnya yang wajib shalat Jumat secara berjamaah. Terkait jumlah minimum orang yang menunaikan shalat Jumat sendiri ada perbedaan.

  Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid

Menurut ulama mazhab Hambali dan Syafi’iyah, jumlah minimal jamaah dalam shalat Jumat adalah 40 orang. Meski begitu, ada juga sebagian ulama yang mensyaratkan minimal satu orang imam dan satu orang jamaah untuk melaksanakan shalat Jumat.  Hal ini sebagaimana pendapat ulama Hanafiyah.

3. Shalat Jumat Haruslah Tersiar ke Khalayak Ramai

Pelaksanakan shalat Jumat haruslah diketahui khalayak ramai dengan disiarkan. Oleh karena itu, apabila seseorang shalat Jumat secara diam-diam dengan beberapa orang di dalam suatu gedung tanpa diketahui orang lain dan menutup pintu rapat-rapat, maka shalat Jumat menjadi tidak sah.

Dalil untuk melaksanakan hal ini adalah berdasarkan Al Qur’an surah Al Jumuah ayat 9. Kata panggilan di dalam ayat tersebut mengindikasikan bahwa shalat Jumat harus disiarkan.

  3 Amalan Yang Dapat Memperpanjang Umur

Baca juga Syarat Sah Shalat

4. Di Satu Daerah Jamaah Shalat Jumat Tidak Lebih dari Satu

Syarat sah shalat Jumat berikutnya adalah jumlah jamaah shalat Jumat di suatu tempat seperti kampung tidak lebih dari satu. Hal ini karena hikmah yang didapat dari shalat Jumat adalah persatuan kaum muslimin.

Sehingga apabila muslim beribadah di mushola-mushola kecil di tempat masing-masing, maka hikmah persatuan tersebut tidak tercapai.

Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Imam Ahmad dan Imam Asy-Syafii, bahwa jamaah shalat Jumat dilarang berbilang kecuali jika ada uzur. Namun, perkara uzur itu sendiri tidak ada rincian tetapnya.

10 Rincian Rukun Shalat Jumat yang Wajib Dipahami Muslim

Pada hakikatnya, rukun shalat Jumat ada sepuluh yang mana rukun tersebut sama dengan rukun shalat pada umumnya, namun tanpa adanya khutbah Jumat. Mengetahui rukun dalam shalat Jumat wajib hukumnya agar shalat diterima dan sah. Berikut sepuluh rukun di dalam shalat Jumat:

  1. Didahului khutbah Jumat sebanyak dua kali yang mana khatibnya dalam kondisi berdiri kemudian duduk di antara dua khutbah. Terkait isi khutbah mengikuti Sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wa salam yakni berisi nasehat dan motivasi menjauhi keburukan.
  2. Melafalkan niat shalat Jumat dalam hati. Rukun ini masuk ke dalam jenis rukun qalbiyyah yakni yang berkaitan dengan hati seseorang. Niat dilafalkan berbarengan dengan saat mengucapkan takbiratul ihram. Sementara niat yang dilafalkan sebelum takbir sebenarnya adalah talaffudz niyat.
  3. Melafalkan Takbiratul Ihram. Takbiratul Ihram termasuk ke dalam rukun qawliyyah dalam shalat yang mana pelafalannya harus terdengar sekurang-kurangnya untuk diri sendiri. Pada shalat Jumat, maka pelafalannya harus terdengar sampai ke jamaah
  4. Membaca surah Al Fatihah serta surat pendek ketika berdiri. Membaca surah Al Fatihah juga termasuk ke dalam salah satu rukun qawliyyah yang mana pelafalan surah harus terdengar untuk diri sendiri. Suara imam harus dikeraskan agar terdengar hingga ke barisan shalat paling belakang.
  5. Ruku’
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Bangkit dari sujud dengan duduk di antara dua sujud
  9. Duduk tasyahud akhir dan membaca bacaan duduk tasyahud akhir serta bersalawat atas nabi
  10. Melafalkan salam
  Bacaan Doa Pembuka Rezeki dari Segala Penjuru Lengkap

Amalan Sunnah yang Bisa Dikerjakan Sebelum Shalat Jumat

Mengetahui rukun shalat Jumat wajib hukumnya agar shalat yang kita laksanakan sah dan tidak dianggap batal. Untuk menambah pundi-pundi pahala di hari Jumat, ada beberapa amalan Sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah dapat dikerjakan sebelum melaksanakan shalat Jumat.

Baca juga Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

1) Mandi Besar

 Melaksanakan mandi besar di hari Jumat sangat disunnahkan untuk dilakukan. Bahkan beberapa ulama berpendapat bahwa mandi besar hukumnya wajib sebelum melaksanakan shalat Jumat. Hal tersebut sebagaimana hadist riwayat Bukhari dan Muslim bahwa mandi hari Jumat wajib untuk orang yang baligh.

Mandi besar di hari Jumat tersebut wajib untuk muslim pria yang sudah baligh dan tidak wajib untuk anak-anak, musafir, orang sakit ataupun perempuan. Tata cara mandi sama dengan mandi jinabat atau mandi besar.

  Kisah Perang Badar

2) Bersiwak

Bersiwak merupakan amalan sunnah lainnya yang dapat dikerjakan sebelum menjalankan ibadah shalat Jumat. Caranya adalah dengan menggunakan batang kayu siwak untuk membersihkan gigi. Penggunaan batang kayu siwak dapat membantu membersihkan serta menghilangkan bau mulut.

3) Memotong Kuku dan Mencukur Kumis

Amalan Sunnah berikutnya yang sangat mudah untuk dikerjakan sebelum mendirikan shalat Jumat adalah memotong kuku serta mencukur kumis. Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam hadist riwayat Al Baihaqi dan At Tabrani.

Hukum memahami setiap rukun shalat Jumat adalah wajib bagi setiap pria muslim yang sudah baligh. Apabila salah satu bagian dari rukun tersebut tidak dilaksanakan, maka hukum shalat Jumat menjadi batal dan tidak sah sehingga shalat harus diulang.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

  Doa untuk orang mati

#Rukun #Shalat #Jumat majikan pulsa Rukun Shalat Jumat