verizon business,vpn,loan,insurance,automotive,lawyers

Pengertian Zakat Emas dan Cara Menghitung Zakat Emas

Majikanpulsa.com – Kabar Pengertian Zakat Emas dan Cara Menghitung Zakat Emas

#Pengertian #Zakat #Emas #dan #Cara #Menghitung #Zakat #Emas

Sobat Shopee pasti tahu bahwa dalam Islam memiliki harta harus membayar zakat. Selain harta benda berupa emas dan perak juga diwajibkan zakat, namun zakat ini tidak sembarangan.

Pemilik emas dan perak juga harus menunaikan jangka waktu tertentu dengan jumlah tertentu pula.Ya, barang siapa yang memilikinya dengan syarat wajib membayar zakat emas dan perak. Jika tidak, maka dia akan berdosa. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran Surat At Taubah 34-35:

  Film Titanic Remastered 2023 untuk Merayakan Valentine - Apapun

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan janganlah kamu membelanjakan hartamu di jalan Allah memberitahu mereka mereka akan mendapat hukuman yang pedih.”

Sobat Shopee, bagaimana cara menghitung zakat emas? Jika Anda tidak tahu Lanjutkan membaca artikel ini, siapa tahu emas dan perak yang anda miliki itu Zakat. Yuk baca baik-baik, ya!

Apa itu Zakat?

Zakat Emas sesuai dengan namanya Zakat dikeluarkan ketika memiliki emas, perak dan logam mulia lainnya, namun zakat ini tidak dikeluarkan oleh setiap orang yang memiliki zakat. Namun bagi yang memilikinya dan mencapai Nisab dan menariknya

Entah itu emas atau perak dalam bentuk batangan. Peleburan logam, souvenir, ukiran, atau apapun. Adapun perhiasan emas yang digunakan wanita, terdapat dua pendapat yang berbeda. Beberapa orang memiliki kewajiban untuk memberi dan beberapa tidak harus.

  Wapres Sebut Produk Rokok Elektronik Berbahaya, Asosiasi Vape Angkat Suara

Mengapa Emas Harus Zakat? Karena Islam menganggap emas dan perak sebagai aset yang potensial untuk dikembangkan. serta harta lainnya seperti ternak.

Nizaab dan cara menghitung zakat emas

seperti yang disebutkan di atas Tidak semua pemilik emas dan perak wajib membayar zakat atas hartanya. Ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk itu. Namanya nisab dan drag.Nisab bisa diartikan sebagai jumlah minimal kepemilikan. Drag dapat diartikan sebagai waktu kepemilikan minimum.

1. Jumlah minimal emas dan perak untuk sedekah

Timah emas memiliki berat 85 gram dan timah perak memiliki berat 595 gram, menyeret keduanya selama 1 tahun.

Nah, dari pengertian nisab dan haul tersebut, Anda bisa mengartikan zakat emas sebagai zakat yang dikeluarkan oleh pemilik emas, perak dan logam mulia lainnya. Bila ditempati minimal 1 tahun dengan jumlah emas minimal 85 gram atau 595 gram.

  Cara Membuat Grup Chat yang Menyenangkan di Line dengan Teman-Temanmu

Baca Juga: 7 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu yang Perlu Anda Ketahui!

2. Cara menghitung Zakat Emas

Bagaimana cara menghitung zakat emas? Berapa persentase zakat emas? Dalam banyak hadits banyak disebutkan metode perhitungan ini. Rahimahullah

“Jika Anda memiliki 200 dirham dan untuk jangka waktu (satu tahun), diperlukan 5 dirham untuk itu. dan untuk emas Anda tidak perlu membayar zakat. Kecuali jumlahnya mencapai 20 dinar, maka setengah dinar wajib dibayar. Maka zakat harus dibayarkan sebagai persentase dari kelebihan ”(HR. Abu Dawud).

dari isi hadits Kita bisa mengetahui cara menghitung zakat emas. Dalam hadits disebutkan bahwa zakat adalah 5 dirham untuk kepemilikan 200 dirham emas dan 0,5 dinar untuk kepemilikan 20 dinar.2,5%

3. Contoh Perhitungan Zakat Emas

Agar anda paham bagaimana cara menghitung zakat emas. Mari kita lihat contoh Pak Fulan, misalnya beliau memiliki 100 gram emas yang dimilikinya selama 1 tahun, maka karena emas tersebut telah melebihi nisab dan drag maka beliau wajib membayar zakatnya dengan emas.

  3 Ide Kreatif Pemasaran di Pinterest yang Menarik Untuk Bisnis Anda

Perhitungan zakat emas adalah 2,5% dari total nilai emas. jadi disini Emas yang dimilikinya terlebih dahulu dikonversi menjadi nilai uang, misalnya harga emas saat berzakat 800.000 per gram.

Jadi 100 gram sama dengan Rp 80.000.000, berapa zakat emas yang harus diberikan Pak Fulan? 2,5% x Rp 80.000.000 = Rp 2.000.000 Bagaimana Anda mengerti?

Baca lebih lanjut: Ini cara sederhana. Untuk mengecek harga emas dan membelinya di aplikasi Shopee.

Nizaab dan cara menghitung zakat perak

Itulah nizaab dan cara menghitung zakat emas, bagaimana dengan nisab dan cara menghitung zakat perak? Cara perhitungannya sama yaitu 2,5%, perbedaannya hanya nisaab perak beratnya 595 gram Untuk memahaminya mari kita lihat contohnya.

Ibu Fulin memiliki 700 gram perak yang ia miliki selama setahun jika Ibu Fulin ingin membayar Zakat secara tunai. Harga perak per gram adalah Rp 15.000,- sehingga total nilai uang yang dimilikinya adalah 700 x Rp 15.000 = Rp 10.500.000,- Jadi jumlah zakat yang dibayarkan oleh Ibu Fulin adalah 2,5% x Rp 10.500.000 = Rp 262.500,-.

  Keamanan Kartu Kredit: Cara Mencegah Penipuan Online

Bayar Zakat di Shopee Barokah

Itulah sekilas informasi tentang Zakat Emas dan Perak serta cara menghitung Zakat Emas ya, sebelum Anda membayarkan Zakat Emas Anda. Anda harus yakin bahwa emas di dalam diri Anda adalah milik Anda sendiri, diperoleh secara legal. bukan milik orang lain

Apakah Anda berencana membayar zakat dengan emas? Tarik saja uang di Shopee, Barokah memiliki banyak lembaga Zakat profesional yang terpercaya dan terpercaya untuk mendukung Zakat Anda. Anda dapat membayar menggunakan ShopeePay atau Transfer Bank, Mitra Shopee, Alfamart, Indomaret atau apa pun yang nyaman bagi Anda.

Yuk langsung saja ke Shopee Barokah untuk melihat detail pembayaran Zakat emas langsung. Mudah karena Anda akan dipandu langkah demi langkah. Mari bayar zakat dengan emas dan harta kita. Semoga kekayaan kita semakin bersih dan berkah!

  Apa itu Reksa Dana AUM? Fitur untuk Investor & AUM Minimum

#Pengertian #Zakat #Emas #dan #Cara #Menghitung #Zakat #Emas Pengertian Zakat Emas dan Cara Menghitung Zakat Emas

sumber: shopee.co.id