MBTI: 16 Tipe Kepribadian, Klasifikasi dan Pilihan Karir – Majikanpulsa.com

Majikanpulsa.com – MBTI: 16 Tipe Kepribadian, Klasifikasi dan Pilihan Karir – Majikanpulsa.com

#MBTI #Tipe #Kepribadian #Klasifikasi #dan #Pilihan #Karir #Majikanpulsa.com

MBTI merupakan tipe kepribadian yang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Bahkan, sebagian orang kerap mengaitkan MBTI dengan dua tipe kepribadian yang sebelumnya dikenal banyak orang, yakni introvert dan ekstrovert.

Pada dasarnya, kepribadian MBTI lebih luas dari kedua tipe kepribadian tersebut. Walaupun introvert dan ekstrovert merupakan bagian dari MBTI itu sendiri, di dalam MBTI juga terdapat beberapa tipe kepribadian lain yang selama ini mungkin belum begitu populer dan dikenal luas.

Baca juga: Memahami Teori Kepribadian DISC dan Rekomendasi Karirnya

Memahami MBTI dan 4 Domain di dalamnya

mbt

MBTI

MBTI adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator, ini adalah tes kepribadian yang menggunakan serangkaian pertanyaan tentang preferensi seseorang untuk 4 domain berbeda. Penggunaan 4 domain ini membuat tes Kepribadian Ini berbeda dengan tes kepribadian lainnya.

  Kriteria Calon Istri dan Suami Yang Baik Menurut Islam

Tipe kepribadian ini merupakan gagasan dari ibu dan anak, Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers. Keduanya mengembangkan MBTI tes berdasarkan tipologi kepribadian Carl Jung, orang yang memperkenalkan kepribadian introvert dan ekstrovert.

Dalam praktiknya, Briggs dan Myers mengembangkan empat domain untuk tes Kepribadian ini, yaitu:

  • Introvert (I) – Ekstrovert (E)
  • Penginderaan (S) – Intuisi (N)
  • Berpikir (T) – Merasa (F)
  • Penghakiman (J) – Persepsi (P)

Keempat domain ini akhirnya dikembangkan menjadi 16 kepribadian di dalam tes MBTI memiliki Tes Kepribadian Ini akhirnya menjadi terkenal dan menjadi populer belakangan ini.

Tes kepribadian sendiri merupakan serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui kepribadian seseorang dengan berbagai cara, antara lain: sifat dan perilaku/tingkah laku yang cukup khas pada orang tersebut.

Di dalam tes MBTI sendiri ada empat klasifikasi berbeda yang digunakan untuk membuat 16 kepribadiandiantara yang lain:

  1. Introvert (I) – Ekstrovert (E)

    Introvert adalah kepribadian yang cukup aktif dalam berpikir, yaitu merasa lebih bersemangat saat menghabiskan waktu secara pribadi, lebih memilih interaksi intim dengan lebih sedikit orang.

    Sedangkan ekstrovert adalah kepribadian yang berorientasi pada kuantitas interaksi sosial, memiliki hasrat untuk menghabiskan banyak waktu dengan orang lain, dan memiliki orientasi pada tindakan (tidak berpikir).

  2. Penginderaan (S) – Intuisi (N)

    Penginderaan adalah kepribadian yang dapat mempelajari lingkungan sekitarnya secara mandiri. Hal ini menyebabkan tipe ini termasuk orang yang senang belajar dan terlibat langsung dengan hal-hal baru.

    Sedangkan intuisi adalah kepribadian yang cenderung memiliki pemikiran abstrak, imajinatif, dan selalu mengandalkan intuisi.

  3. Berpikir (T) – Merasa (F)

    Berpikir adalah tipe kepribadian yang membuat keputusan impersonal, dimana hal ini dilakukan dengan mengacu pada data dan fakta empiris yang ada.

    Sementara itu, Feeling adalah tipe kepribadian yang terbiasa mengambil keputusan yang melibatkan emosi dan hati nurani, termasuk menggunakan penilaian yang berasal dari orang lain.

  4. Penghakiman (J) – Persepsi (P)

    Penghakiman adalah tipe kepribadian yang seringkali tegas dan memiliki sikap tegas. Hal ini membuat tipe ini tidak terbiasa berkompromi dalam berbagai hal.

    Mempersepsi, di sisi lain, adalah kepribadian yang fleksibel dan adaptif, bahkan untuk hal-hal yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

  Cara Mengatasi Whatsapp Error atau Crash pada Ponsel Anda

Baca juga: Yuk, kenali apa itu kepribadian ambivert dan tips mengembangkannya

16 Kepribadian di dalam MBTI dan Pilihan Karir

Pada dasarnya setiap orang dapat memiliki lebih dari satu tipe kepribadian dalam dirinya, hal ini tentunya dapat diketahui melalui tes Kepribadian. MBTI tes kelompokkan menjadi 16 kepribadian berbeda, dimana setiap kepribadian merupakan gabungan dari empat klasifikasi yang berbeda sekaligus.

Ini 16 kepribadian dan pilihan kariernya yang sangat diakui tes Kepribadian MBTI:

  1. INFP

    INFP idealis, berprinsip, dan setia kepada mereka yang berarti bagi mereka. Tipe ini memiliki rasa ingin tahu yang besar, dan terbuka terhadap banyak kemungkinan. INFP fleksibel dan adaptif, kecuali untuk prinsip mereka sendiri.

    Karier: Copywriter, Fotograferdan juga Artis

  2. INTJ

    INTJ adalah kepribadian yang dapat memahami pola kejadian dalam suatu peristiwa yang sedang terjadi, mampu menetapkan perspektif untuk jangka panjang. Tipe ini juga mandiri dan terorganisir, bahkan memiliki standar efisiensi dan kinerja yang tinggi terhadap dirinya sendiri dan orang lain.

    Karir: musisi, konsultan keuangan, dan manajer Pemasaran.

  3. INFJ

    INFJ adalah orang yang suka memahami pemikiran orang, hubungan antar ide, termasuk hubungan sosial. Tipe kepribadian ini memiliki komitmen yang tinggi terhadap pekerjaan, bahkan senang melayani orang lain di lingkungannya dengan baik.

    Karier: ilmuwan, psikolog, dan bahkan konselor.

  4. INTP

    Tipe ini lebih tertarik pada ide, daripada interaksi sosial. INTP bersifat teoretis, abstrak, dan memiliki penampilan yang cerdas dan tenang. Ketika memiliki minat terhadap suatu mata pelajaran, tipe MBTI ini dapat fokus mendalami mata pelajaran tersebut, termasuk memahami masalah dan mencari solusinya.

    Karir: komposer, konsultan pemasaran, dan pengembang web.

  5. ENTJ

    Seorang ENTJ adalah orang yang memiliki pengetahuan yang luas dan juga dapat membaca situasi dengan baik. Tipe ini sensitif untuk memilih sistem dan kebijakan yang tidak efisien, termasuk memperbaikinya. Namun, tipe ini juga tidak segan-segan memaksakan idenya.

    Karier: astronom, manajer konstruksi, dan juga administrator.

  6. ENTP

    Tipe MBTI ini memiliki sisi ekstrover yang membuatnya menjadi pribadi yang sangat pribadi ke titik. Mereka berani memecahkan masalah dengan menggunakan langkah-langkah yang menantang dan strategis. Namun tipe ini juga mudah bosan dengan rutinitas dan lebih menyukai hal-hal yang menarik.

    Karir: ilmuwan, pengacara, dan juga analis sistem.

  7. ENFJ

    Tipe orang ini ramah, memiliki empati yang tinggi, dan bisa menjadi pendengar yang baik. ENFJ juga suka bersosialisasi dan memfasilitasi berbagai hal, dan mendukung orang lain untuk mencapai potensi penuh mereka.

    Karier: direktur seni, hubungan masyarakat, dan juga penjualan.

  8. ENFP

    Ini adalah jenis MBTI yang memiliki karakter ramah. Memiliki imajinasi yang tinggi dan semangat yang tinggi. ENFP juga dapat memahami pola dan hubungan informasi dengan baik, bahkan memiliki kepercayaan diri dalam bertindak. Selain itu, tipe ini juga memiliki kemampuan berbicara yang baik, luwes, spontan, dan juga suportif.

    Karir: editor, jurnalis, dan juga musisi.

  9. ISFJ

    ISFJ teliti, bertanggung jawab, setia, penuh kasih, berkomitmen, dan juga baik hati. Tipe ini akan mengingat hal-hal yang sangat penting. Selain itu, dalam tes kepribadian, tipe ini diketahui menyukai kondisi tertib dan teratur di lingkungan kantor dan tempat tinggalnya.

    Karir: manajer administrasi, analis risetstaf keuangan.

  10. ISFP

    ISFP baik hati, tenang, dan sensitif pada saat bersamaan. Tipe MBTI ini membutuhkan ruang untuk menyendiri, suka mengerjakan jadwalnya sendiri, dan suka menikmati hari/waktu saat ini. Selain itu, ISFP juga merupakan orang yang memiliki prinsip dan komitmen.

    Karier: desainer, manajer media sosial, dan arkeolog.

  11. ISTJ

    Tipe ini memiliki karakter tenang, dapat diandalkan, logis, realistis, serius, praktis, pekerja keras, dan teliti. ISTJ berorientasi pada tanggung jawab dan berorientasi pada fakta, bahkan mengedepankan logika saat membuat keputusan. Mereka menyukai pekerjaan dan kehidupan yang teratur.

    Karier: programmer, analis bisnis dan juga seorang akuntan.

  12. ISTP

    ISTP merupakan tipe kepribadian yang memiliki sifat toleran dan fleksibel. Sikap tenang dan analitis memungkinkan tipe ini mengambil tindakan cepat untuk menemukan solusi. Selain itu, MBTI jenis ini dapat memproses fakta secara efisien dan logis.

    Karir: ahli forensik, teknisi, dan insinyur.

  13. ESFJ

    Tipe ini suka bekerja di lingkungan yang harmonis. ESFJ dapat memahami kebutuhan orang dan akan bekerja untuk memenuhinya. Mereka juga ingin dihargai atas apa yang telah mereka lakukan.

    Karir: pekerja sosial, kurator museum, dan peneliti kedokteran.

  14. ESFP

    ESFP ramah, mudah beradaptasi, bersahabat, spontan, dan mencintai diri sendiri dan orang lain. Tipe MBTI suka belajar dan bekerja dengan orang-orang dengan cara yang logis dan realistis.

    Karier: perwakilan penjualan, perencana acara dan juga buku petunjuk pariwisata.

  15. ESTJ

    Tipe MBTI ini tegas, praktis, realistis, dan juga bisa berorientasi pada fakta.

    Tipe ini mengerti bagaimana mengelola pekerjaan secara efisien, sehingga bisa mendapatkan hasil terbaik. ESTJ memiliki standar logika yang baik, sehingga dapat mengambil keputusan dalam waktu singkat, sehingga sering memaksakan rencana yang dibuatnya.

    Karier: Kokipejabat keuangan dan juga hakim.

  16. IS P

    ESTP fleksibel dan toleran, mereka juga suka berkomunikasi secara aktif. jenis MBTI yang satu ini menganggap teori itu membosankan, sehingga mereka suka belajar secara langsung.

    Karir: pengusaha, direktur, dan juga manajer proyek.

Baca juga: 5 Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan Pribadi

  PHK Karyawan dan Bakal Berhenti Beroperasi Mulai 31 Maret, Siapa Pemilik JD.ID?

MBTI Memiliki Lebih Banyak Tipe Kepribadian

MBTI tes merupakan tes kepribadian yang dapat digunakan untuk melihat kepribadian seseorang. Tes yang satu ini terdiri dari banyak kepribadian sekaligus untuk menunjukkan kepribadian seseorang secara lebih detail. Selain itu, masing-masing kepribadian tersebut tentunya akan memiliki pilihan karir yang berbeda dalam kesehariannya.


MBTI: 16 Tipe Kepribadian, Klasifikasi dan Pilihan Karir – Majikanpulsa.com

#MBTI #Tipe #Kepribadian #Klasifikasi #dan #Pilihan #Karir #Majikanpulsa.com

Source: www.cermati.com