Kritikus Kremlin Kara-Murza diadili karena pengkhianatan

Kara-Murza, kritikus Vladimir Putin, diadili atas tuduhan pengkhianatan, mengguncang kalangan aktivis anti-Putin. Ia disebut sebagai tahanan politik, sementara pemerintah Rusia membantahnya. Kasus ini meningkatkan kritik terhadap kebijakan Putin dalam membungkam suara kritis, dan mendapat perhatian dunia internasional.

Rusia pada hari Senin memulai persidangan tertutup terhadap pegiat oposisi yang dipenjarakan, Vladimir Kara-Murza, yang menghadapi lebih dari dua dekade penjara atas tuduhan termasuk pengkhianatan karena komentar-komentarnya yang mengkritik Kremlin.

Persidangannya yang terkenal adalah yang terbaru dalam serangkaian kasus terhadap suara-suara oposisi di Rusia dalam tindakan keras yang meningkat sejak Presiden Vladimir Putin mengerahkan pasukan di Ukraina tahun lalu.

Kara-Murza, 41, dituduh melakukan pengkhianatan tingkat tinggi, menyebarkan informasi “palsu” tentang tentara Rusia dan berafiliasi dengan “organisasi yang tidak diinginkan”.

  Kisah Cinta yang Menginspirasi: Melawan Segala Rintangan

Dia menghadapi hukuman 25 tahun penjara, salah satu pengacaranya, Vadim Prokhorov, mengatakan kepada wartawan pada hari Senin.

“Kami telah kembali ke masa Stalinis. Ke hukuman Stalinis yang sangat berat,” kata Prokhorov setelah sidang hari Senin, mengacu pada diktator Soviet Joseph Stalin.

Sidang berikutnya akan berlangsung pada 16 Maret, Prokhorov menambahkan, mengatakan bahwa “pihak berwenang ingin menyelesaikan semuanya dengan kecepatan ringan”.

– ‘Patriot Rusia Sejati’ –

Kara-Murza ditahan pada April tahun lalu atas tuduhan menyebarkan apa yang oleh pihak berwenang dianggap sebagai “berita palsu” tentang tentara Rusia.

Kasus itu diluncurkan atas pidatonya tentang serangan Rusia ke Ukraina kepada anggota majelis rendah Badan Legislatif Arizona Maret lalu.

Pada Agustus 2023, Kara-Murza dituduh berafiliasi dengan “organisasi yang tidak diinginkan” karena berpartisipasi dalam konferensi untuk mendukung tahanan politik.

  Galaxy S23 FE dan Galaxy A54 — dapatkah alternatif unggulan ini berdampingan?

Pada bulan Oktober dia didakwa melakukan pengkhianatan atas pernyataan kritis terhadap Moskow yang dibuat di tiga acara publik di luar negeri, kata pengacaranya kepada kantor berita TASS, menegaskan bahwa komentar tersebut “tidak menimbulkan ancaman bagi negara”.

“Seorang patriot Rusia sejati, dia dituduh melakukan pengkhianatan tingkat tinggi atas perjuangannya yang tak kenal lelah untuk Rusia yang bebas Putin,” cuit istrinya Evgenia Kara-Murza pada Senin.

– Tidak akan ‘menyerah’ –

Warga negara Rusia sejak lahir, Kara-Murza menerima kewarganegaraan Inggris setelah pindah ke Inggris bersama ibunya ketika dia berusia 15 tahun.

Aktivis dan jurnalis berpendidikan Barat itu adalah rekan dekat pemimpin oposisi Boris Nemtsov, yang ditembak mati di dekat Kremlin pada 2015, dan Mikhail Khodorkovsky, mantan oligarki yang menjadi kritikus Putin.

  Meta Codename P92 Menjadi Alternatif Twitter

Cerita berlanjut

Kara-Murza mengatakan dia diracun dua kali — pada 2015 dan 2023 — karena aktivitas politiknya, tetapi dia terus menghabiskan waktu lama di Rusia.

Dalam sebuah wawancara dengan AFP pada Juni 2023, Kara-Murza mengatakan dia tidak berniat meninggalkan Rusia secara permanen.

“Tidak ada skenario di mana saya tidak akan kembali. Kami adalah politisi Rusia. Tempat kami di sini di rumah di Rusia,” katanya.

“Hadiah terbesar yang bisa diberikan oleh kita yang menentang Vladimir Putin kepada Kremlin adalah menyerah dan melarikan diri,” tambah Kara-Murza.

Pada Oktober 2023, Kara-Murza dianugerahi Penghargaan Hak Asasi Manusia Vaclav Havel oleh Majelis Parlemen Dewan Eropa.

– Menghilangkan perbedaan pendapat –

Rusia telah menambahkan Kara-Murza ke dalam daftar agen asingnya — sebuah label yang mengingatkan pada branding “musuh rakyat” yang digunakan selama masa Soviet untuk mengisolasi para pembangkang.

  Kisah Pengalaman Unik Tinggal di Kanada sebagai Pendatang

Moskow telah meningkatkan upaya untuk membasmi perbedaan pendapat sejak Putin mengirim pasukan ke Ukraina.

Hampir semua lawan politik Putin yang paling terkenal telah melarikan diri dari negara itu atau dipenjara.

Kritikus domestik paling vokal Putin, Alexei Navalny, saat ini menjalani hukuman penjara sembilan tahun atas tuduhan penggelapan yang secara luas dianggap politis.

Navalny pada tahun 2023 selamat dari keracunan yang hampir fatal dengan agen saraf buatan Soviet, menyalahkan serangan di Kremlin.

Dia ditangkap pada Januari 2023 sekembalinya ke Moskow setelah menerima perawatan di Jerman.

“Navalny,” sebuah film yang mengkaji peracunan para pembangkang yang dipenjara, pada hari Minggu memenangkan Oscar untuk fitur dokumenter terbaik pada acara Academy Awards di Hollywood.

Politisi oposisi terkemuka lainnya, Ilya Yashin, pada Desember tahun lalu dijatuhi hukuman delapan tahun enam bulan di koloni hukuman karena pernyataannya di Ukraina.

  Apa Saja Alasan Mengapa Drakor Selalu Viral di Indonesia?

bur/lcm

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Kritikus #Kremlin #KaraMurza #diadili #karena #pengkhianatan majikan pulsa Kritikus Kremlin Kara-Murza diadili karena pengkhianatan

Kara-Murza, kritikus Kremlin terkenal, diadili karena pengkhianatan dan dijatuhi hukuman penjara tiga tahun. Dalam sidang yang kontroversial, dia dituduh memberikan informasi rahasia kepada pihak asing. Keputusan ini memicu kemarahan internasional dan menggarisbawahi perlunya perlindungan hak asasi manusia. Pelajari lebih lanjut di Majikanpulsa.com.

sumber: news.yahoo.com