Ketahui Cara Mendapatkan NPWP Pusat

Ketahui Cara Mendapatkan NPWP Pusat

NPWP Pusat dapat diperoleh dengan mengajukan permohonan secara langsung di kantor Direktorat Jenderal Pajak atau melalui aplikasi eFIN. Persyaratan yang diperlukan antara lain KTP, surat pengantar dari instansi atau perusahaan, dan dokumen pendukung lainnya. Setelah mengajukan permohonan, NPWP akan diterbitkan dalam waktu 2-3 hari kerja.

Pengertian NPWP

Berdasarkan penjelasan di situs resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP merupakan identitas untuk pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan. Namun berdasarkan Pasal 6 (UU) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007, NPWP adalah tanda pengenal wajib pajak yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan dan hanya tersedia untuk setiap wajib pajak. Salah satunya adalah NPWP.

  Sepuluh Trik Rahasia untuk Meningkatkan Jumlah Followers Anda di Facebook!

fungsi NPWP

Fungsi NPWP adalah identitas yang digunakan dalam pengurusan perpajakan sebagai berikut:

  • NPWP berperan sebagai kode unik setiap kali Anda melakukan pekerjaan pajak agar data pajak tidak tertukar dengan wajib pajak lainnya.
  • Misalnya, jika pajak telah dibayar lebih, Anda memerlukan NPWP untuk mengatur proses pengembalian dana untuk mendapatkan pengembalian dana, karena syarat utamanya adalah menunjukkan NPWP.

NPWP No. Struktur

NPWP terdiri dari 15 nomor yang dirangkai menjadi sebuah kode unik. Dari 15 angka tersebut, terdapat struktur yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis NPWP yang dimiliki seseorang. Struktur nomor NPWP dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Kode unik
  2. Kode kantor pajak
  3. Kode Mayor/Cabang

Contoh NPWP berdasarkan struktur nomor NPWP adalah:

Jika memiliki NPWP dengan nomor 00.111.222.3-444.000, 00.111.222.3 adalah kode NPWP, 444 adalah kode KPP dan 000 adalah nomor NPWP Pusat atau nomor NPWP Cabang. Selain itu, jika NPWP dimulai dengan 01, 02 atau 03, NPWP adalah NPWP wajib pajak badan, tetapi jika NPWP dimulai dengan 07, 08 atau 09, NPWP adalah NPWP wajib pajak orang pribadi.

  4 Rekomendasi Susu Ibu Hamil yang Enak dan Kaya Nutrisi

Mengetahui perbedaan antara NPWP Pusat dan Cabang

Secara umum, NPWP dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu NPWP pusat dan NPWP cabang. Mari kita lihat fungsi dan perbedaan masing-masing NPWP.

NPWP Pusat adalah jenis NPWP utama yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha pada saat membuat NPWP. NPWP Pusat adalah NPWP dimana seseorang pertama kali membuat NPWP dan juga memiliki alamat tempat tinggal atau domisili. Nomor NPWP pusat terletak di akhir struktur nomor NPWP dan ditandai dengan kode akhiran ‘000’.

Selain NPWP pusat juga ada NPWP cabang. Apa itu cabang NPWP?

NPWP cabang merupakan turunan dari NPWP pusat dan ditetapkan pada tempat kegiatan pemegang NPWP yang terpisah dari tempat tinggal pemegang NPWP. Nomor NPWP cabang juga terletak di belakang struktur nomor NPWP, namun berbeda dengan NPWP pusat yaitu NPWP cabang diakhiri dengan kode selain ‘000’ dan contoh NPWP cabang diakhiri dengan ‘001’. , ‘002’, ‘003’ dan lainnya.

  Bagaimana Memahami Tuyul dalam Mitologi Jawa

Tipe NPWP sedang

NPWP Pusat terbagi menjadi dua jenis, mari kita pelajari apa saja jenis-jenis tersebut dengan penjelasan masing-masing jenis.

NPWP Private Center adalah NPWP yang dimiliki oleh wajib pajak orang pribadi atau seseorang yang memiliki penghasilan di Indonesia. Wajib Pajak orang pribadi pengusaha tertentu meliputi ruang lingkup pekerjaan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat tinggal seseorang dan NPWP cabang meliputi ruang lingkup pekerjaan KPP tempat orang tersebut melakukan usaha.

Contoh NPWP pribadi berikutnya adalah cabang berikutnya yaitu NPWP suami.

NPWP korporasi adalah NPWP yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan atau badan usaha. Wajib Pajak badan dapat memiliki NPWP pusat apabila perusahaan atau badan usaha tersebut memiliki cabang di lingkup kerja KPP lain.

  Cara menggunakan VPN di PS4 dan PS5

Bagaimana cara mendapatkan NPWP?

Di bawah ini adalah cara mendapatkan NPWP yang terdaftar di website www.pajak.go.id. Cari tahu 3 cara mendapatkan NPWP di bawah ini!

  1. Untuk mendapatkan NPWP dapat dilakukan dengan mendatangi langsung Kantor Pelayanan Pajak/KP2KP yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal/tempat kegiatan usaha.
  2. Mengirimkan formulir pendaftaran dan dokumen persyaratan kepada KPP/KP2KP termasuk wilayah pelayanannya tempat tinggal/kegiatan usaha.
  3. Kini pendaftaran NPWP juga bisa dilakukan secara online sehingga tidak perlu khawatir untuk datang langsung. Daftar NPWP melalui website e-registrasi Ditjen Pajak dan upload dokumen persyaratan.

Cara membuat NPWP online

Kini, pendaftaran NPWP bisa dilakukan secara online lho! Yuk, cari tahu di bawah ini cara membuat NPWP online.

Untuk melakukan pendaftaran NPWP secara online, Anda dapat mengunjungi situs resmi pajak di ereg.pajak.go.id.

  • Lakukan proses pendaftaran

Setelah berada di website resmi pajak, proses registrasi dapat dilakukan dengan memilih menu ‘Registrasi’ dan memasukkan alamat email yang valid diikuti dengan password.

  • Periksa email yang digunakan untuk pendaftaran

Jika sudah, buka halaman email yang digunakan untuk pendaftaran. Cari email yang berisi link verifikasi, lalu verifikasi akun untuk aktivasi akun.

  • Masuk dengan sistem – Pendaftaran

Ketika Anda menyelesaikan proses verifikasi dan aktivasi akun, Anda dapat masuk ke sistem e-registrasi dengan memasukkan email dan kata sandi yang digunakan saat pendaftaran.

  Tertawa Sebagai Terapi: Cara Ampuh Mengatasi Stres dan Depresi

Setelah masuk, buka halaman ‘Pendaftaran’ dan lengkapi data pribadi Anda. Pastikan untuk mengikuti semua langkah dengan hati-hati.

Jika Anda telah melengkapi semua formulir yang diperlukan, pilih tombol daftar untuk mengirim formulir pendaftaran ke kantor pajak terdaftar. Kantor pajak kemudian akan memproses permohonan NPWP.

Setelah semua form diisi lengkap, pendaftaran akan muncul di dashboard website ereg tax. Di sana, klik tombol kirim token dan isi ‘Captcha’ dan kirim. Konfirmasi akan dikirim melalui email.

  • Salinan token yang diterima

Salin token yang Anda terima dan klik menu ‘Token’ dan kode unik akan muncul sebagai syarat penyerahan. Periksa email yang terdaftar untuk melihat token.

  • Kartu NPWP akan dikirimkan

Jika pendaftaran NPWP diterima, NPWP akan dikirimkan ke kantor pajak.

  Full Swing adalah acara Netflix terbaik yang tidak Anda tonton

Bagaimana cara mendapatkan nomor NPWP pusat?

Lalu bagaimana cara mendapatkan nomor NPWP pusat? Isi NPWP Pusat Cek pilihan NPWP Pusat Tidak perlu mengisi apapun di kantor pajak atau online.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Ketahui #Cara #Mendapatkan #NPWP #Pusat majikan pulsa Ketahui Cara Mendapatkan NPWP Pusat

Mendapatkan NPWP Pusat memang penting bagi setiap warga negara yang ingin memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara mendapatkan NPWP Pusat dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu, kunjungi situs majikanpulsa.com untuk mengetahui informasi lengkap tentang cara mendapatkan NPWP Pusat dengan mudah dan cepat.