verizon business,vpn,loan,insurance,automotive,lawyers

Kemenag Melunak, Usulan Biaya Haji Turun Rp 96 Juta dari Rp 98 Juta



Jakarta, CNNIndonesia

Kementerian Agama (Kementerian) menurunkan usulan Biaya Layanan Haji (BPIH) 2023 dari Rp98,9 menjadi Rp96,4 juta. Artinya, proposal biaya haji turun sekitar Rp 2,4 juta.

Demikian disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Kebudayaan Hilman Latief dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VIII. Pengurangan usulan BPIH dilakukan setelah adanya permintaan panitia kerja (panja) BPIH ke Arab Saudi pada 31 Januari-1 Februari lalu.

“Dari total kajian kami sementara ini, biaya langsung dan tidak langsung, jika pengajuan (BPIH) per jemaah sebelumnya masih Rp 98,8 juta maka menjadi Rp 96,4 juta, yaitu pengurangan Rp 2.415.953 dan biayanya tidak dikurangi,” kata Hilman di Gedung DPR RI, Rabu (8/2).

Hilman menjelaskan biaya langsung Dan biaya tidak langsung dari BPIH jemaah haji reguler. Untuk biaya langsung di Arab Saudi ada 7 aspek mulai dari Rp 97 juta. Namun, setelah rasionalisasi biaya langsung meningkat sebesar Rp 2,3 juta menjadi Rp 94,8 juta.

Rincian 7 komponen biaya langsung di Arab Saudi, yaitu biaya akomodasi, konsumsi, transportasi, jasa di Arafah atau Duniadokumen perjalanan, biaya hidup, dan pelindung.

Hampir semua komponen biaya langsung di Arab Saudi turun, kecuali biaya Dunia, muzdalifah, dan mina senilai Rp 18,9 juta hingga Rp 20 juta. Hilman menjelaskan masih ada yang menarik dari biaya tersebut Dunia tersebut.

“Kami masih dalam posisi yang menarik dengan Arab Saudi yang awalnya menawarkan layanan Dunia itu 3.900 real, yang telah kita negosiasikan menjadi 2.975 real. Informasi kunjungan terakhir kami masih menghadapi masalah pajak. Ini masih kita negosiasikan,” kata Hilman.

  Chatbots dapat memangkas biaya operasional hingga 30%. - Tunas Digital

Sedangkan dari enam komponen biaya langsung di dalam negeri, biaya penerbangan tidak bisa dijual Rp 34 juta. Biaya konsumsi dan premi asuransi juga tetap masing-masing Rp 150 ribu dan Rp 125 ribu. Sedangkan komponen akomodasi dan proteksi turun.

Di sisi lain, 7 komponen biaya tidak langsung, yaitu akomodasi, konsumsi, transportasi, perlindungan, pelatihan jemaah haji di Arab Saudi, pelayanan publik di Arab Saudi, dan pengelolaan paket BPIH. Usulan sebelumnya Rp 1,8 juta dikurangi Rp 71,5 ribu menjadi Rp 1,75 juta.

Adapun 9 komponen biaya tidak langsung di dalam negeri, yakni akomodasi, konsumsi, perlindungan, pelayanan di embarkasi atau debarkasi, pelayanan keimigrasian, surat perjalanan, pembinaan jemaah haji di tanah air, pelayanan publik di dalam negeri, dan pengelolaan BPIH, tercatat bervariasi.

  Ulasan Minggu Terakhir: Bitcoin di antara pencarian investasi teratas, dan bank dapat memiliki lebih banyak crypto jika tagihan dihapus - Luno

Hanya 3 dari 9 komponen biaya tidak langsung di negara tempat diturunkannya, antara lain konsumsi, perlindungan, dan pelayanan di embarkasi atau debarkasi. Dengan demikian komponen ini mengalami penurunan sebesar Rp 48.641. Dari Rp1.216.977 menjadi Rp1.168.335.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)







Kemenag Melunak, Usulan Biaya Haji Turun Rp 96 Juta dari Rp 98 Juta

#Kemenag #Melunak #Usulan #Biaya #Haji #Turun #Juta #dari #Juta

Source: www.cnnindonesia.com