verizon business,vpn,loan,insurance,automotive,lawyers

Indonesia Bisa Menjadi Salah Satu Pemimpin Pasar Aset Kripto Di Dunia

Majikanpulsa.com – Indonesia Bisa Menjadi Salah Satu Pemimpin Pasar Aset Kripto Di Dunia

#Indonesia #Bisa #Menjadi #Salah #Satu #Pemimpin #Pasar #Aset #Kripto #Dunia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan bersinergi dengan Asosiasi Perdagangan Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO) menggelar program “Bulan Literasi Kripto”. Program ini diharapkan dapat meningkatkan literasi dalam perdagangan aset kripto dengan memberikan pemahaman yang benar dan tepat di masyarakat.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, perdagangan atau investasi aset kripto memiliki risiko yang cukup tinggi, sehingga pelaksanaannya mengikuti aturan perundang-undangan. Ia mengapresiasi kegiatan Bulan Literasi Kripto 2023 yang memiliki program peningkatan literasi masyarakat terhadap perdagangan
aset kripto.

  Bayar PDAM Kota Blitar di Majikan Pulsa

“Berinvestasi dalam aset kripto memiliki risiko yang relatif tinggi. Sesuai sifatnya, nilai aset crypto sangat tinggi tidak pasti, dapat mengalami kenaikan atau penurunan nilai yang sangat drastis dalam waktu singkat. Untuk itu diperlukan pemahaman yang baik dari masyarakat, termasuk manfaat, potensi dan risiko dari perdagangan aset kripto. “Bulan Literasi Aset Kripto 2023 tentunya menjadi salah satu cara untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait perdagangan aset kripto,” jelas Zulkifli dalam sambutannya pada pembukaan Bulan Literasi Kripto 2023 di Jakarta, Kamis (2/2).

Pembukaan kegiatan Bulan Literasi Kripto 2023 di Jakarta, Kamis (2/2).  Sumber: Kementerian Perdagangan RI.
Pembukaan kegiatan Bulan Literasi Kripto 2023 di Jakarta, Kamis (2/2). Sumber: Kementerian Perdagangan RI.

Baca juga: Tokocrypto Menghadirkan Fitur Bukti Pajak Kripto Pengguna untuk Mendukung PMK 68

Pasar Crypto Meningkat

Lebih lanjut Zulkifli mengungkapkan, pasar aset kripto di Indonesia semakin meningkat.
Berdasarkan data Bappebti, pada akhir tahun 2021 terdapat 11,2 juta pelanggan atau pengguna aset kripto. Angka tersebut meningkat 48,7 persen dibandingkan akhir November 2022 yang tercatat 16,55 juta pelanggan.

  Korban Gempa Turki-Suriah Diselamatkan Dari Reruntuhan Setelah Meminta Bantuan Di Media Sosial

Jumlah investor kripto di Indonesia didominasi oleh kalangan milenial yang berusia antara 18-30 tahun. Berdasarkan data Coinfolks, ada enam wilayah dengan minat crypto tertinggi di Indonesia, yaitu Bali, DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Kepulauan Riau, dan Jawa Barat.

“Semua kondisi tersebut menunjukkan bahwa potensi pasar aset kripto di Indonesia masih sangat besar dan bukan tidak mungkin Indonesia dapat menjadi salah satu pemimpin pasar aset kripto di dunia,” jelas Mendag.

Sementara itu, perdagangan di pasar fisik aset kripto di Indonesia pada 2022 tercatat nilai transaksi Rp 296,66 triliun. Nilai tersebut turun dibandingkan tahun 2021 yang sebesar Rp 859,4 triliun. Sedangkan pada 2020, nilai transaksinya Rp 64,9 triliun.

Pembukaan kegiatan Bulan Literasi Kripto 2023 di Jakarta, Kamis (2/2).  Sumber: Kementerian Perdagangan RI.
Pembukaan kegiatan Bulan Literasi Kripto 2023 di Jakarta, Kamis (2/2). Sumber: Kementerian Perdagangan RI.

Baca juga: Bappebti: Pertukaran Kripto Indonesia Hadir Pada Juni 2023

  Emoney vs Uang Tunai: Mana yang Lebih Praktis dan Efisien?

Literasi Aset Kripto

Plt. Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko menjelaskan, melalui Bulan Literasi Kripto (BLK), selain membangun pemahaman literasi aset kripto yang benar, diharapkan masyarakat dapat lebih berhati-hati dan selalu memastikan platform dan token terdaftar di Bappebti hingga menghindari tindakan penipuan yang dapat merugikan pengguna.

“Bulan Literasi Crypto diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang risikonya,
manfaat, dan potensi perdagangan aset kripto. Selain itu, dapat menciptakan kesadaran tentang crypto-assets dan menjadi cara untuk menjalin hubungan baik dengan para pemangku kepentingan,” kata Didid.

Ketua ASPAKRINDO Teguh Kurniawan Harmanda menambahkan, program BLK 2023 bekerja sama dengan seluruh anggota ASPAKRINDO yang berjumlah 25 Pedagang Fisik Aset Kripto Potensial yang terdaftar resmi di Bappebti. Menurutnya pendidikan menjadi fokus utama pengembangan industri aset kripto.

  BI Rilis Bukti Konsep Rupiah Digital Juli 2023, Apa Artinya?

“Bulan Literasi Crypto adalah waktu yang tepat untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pelanggan, calon pelanggan, dan masyarakat umum tentang implementasi, mekanisme dan kelembagaan dalam perdagangan pasar fisik untuk aset kripto di Indonesia. Kami berharap kegiatan ini dapat menjangkau lebih banyak orang untuk aset crypto literasi, yang merupakan alternatif perdagangan komoditas, ”jelas pria yang akrab disapa Manda ini.

Bulan Aset Kripto akan berlangsung selama satu bulan sepanjang Februari 2023 diisi dengan berbagai kegiatan antara lain webinar dan pertunjukan jalanan kampus dan masyarakat luas, olahraga yang menyenangkandan turnamen eSports dan lain-lain. Rangkaian acara tersebut akan diadakan di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya dan Makassar, baik secara offline, online maupun hybrid.

  Curah Hujan Tinggi, Freeport Hentikan Kegiatan Penambangan dan Pengolahan




Indonesia Bisa Menjadi Salah Satu Pemimpin Pasar Aset Kripto Di Dunia

#Indonesia #Bisa #Menjadi #Salah #Satu #Pemimpin #Pasar #Aset #Kripto #Dunia

Source: news.tokocrypto.com