Cara Test TV Digital Pakai HP, Berikut Langkahnya

Cara Test TV Digital Pakai HP, Berikut Langkahnya, Langkah-langkah untuk menguji TV Digital menggunakan HP adalah: 1) Install aplikasi TV Digital pada HP, 2) Sinkronkan HP dan TV melalui Wi-Fi atau kabel HDMI, 3) Pilih saluran TV yang diinginkan, 4) Pilih mode uji coba pada menu aplikasi, 5) Pilih sinyal yang diinginkan untuk uji coba, 6) Pilih kualitas gambar yang diinginkan, 7) Buka aplikasi untuk melihat hasil uji coba.

Mulai November 2023, pemerintah mulai mematikan siaran televisi analog dan beralih ke siaran televisi digital. Dengan digital, nantinya kualitas gambar akan lebih baik, jernih dan tajam. Oleh karena itu, untuk mengecek apakah jangkauan sinyal di sekitar Anda digital atau tidak, dan saluran mana yang bisa ditonton, Anda bisa menggunakan smartphone. Adapun cara pengetesan TV digital menggunakan HP akan dibahas pada artikel kali ini.

  Cerita Sukses Selebgram Tiktok Paling Terkenal di Mancanegara

Cara test TV digital menggunakan HP

Cara cek TV digital menggunakan HP khususnya untuk mencari channel favorit bisa dilakukan dengan aplikasi. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Download dan install aplikasi ‘SinyalTV Digital’ di PlayStore atau AppStore.
  • Aktifkan fitur ‘Lokasi’ yang sudah aktif di ponsel Anda.
  • Buka aplikasi ‘SinyalTV Digital’ yang telah terinstal sebelumnya.
  • Klik ikon ‘Target’ atau sorot di tengah bawah. Fungsi ikon ini adalah untuk mengidentifikasi lokasi pengguna dengan lebih akurat.
  • Tunggu beberapa saat hingga informasi mux muncul di sekitar lokasi Anda. Misalnya sinyal saluran dari TVRI.
  • Kemudian klik dan pilih ‘View mux details’ dan informasi sinyal TV digital akan muncul di tempat Anda berada. Biasanya isinya meliputi layanan, kekuatan sinyal. Operator mux dan banyak lagi.
  • Jika area Anda memiliki sinyal saluran yang kuat, peta akan berwarna merah. Jika muncul warna hijau atau kuning, berarti sinyal sedang dalam kondisi sedang. Sedangkan untuk warna abu-abu atau biru, sinyal di area tersebut lemah.
  • Kemudian, klik icon Gallery di pojok kiri bawah layar HP. Di sana, Anda bisa melihat daftar siaran TV digital yang bisa Anda tonton.
  Rahasia Sukses HP dalam Menjadi Gadget Paling Dicari!

Perangkat audio untuk menonton siaran TV digital

Setelah mengonfirmasi saluran dengan menerapkan metode pemeriksaan TV digital di atas, Anda juga dapat menggunakan perangkat pendukung lainnya. Salah satunya adalah perangkat audio untuk lebih menikmati tayangan favorit Anda di rumah bersama keluarga. Untuk itu, Anda bisa memilih speaker dengan kualitas terbaik.

Speaker ini terdiri dari dua jenis yaitu home theater dan sound bar. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Jika Anda ingin memilih speaker yang ringkas namun dengan kualitas suara yang bagus, maka speaker suara sangat disarankan.

Penutup

Bagaimana, mudah bukan tes TV digital lewat HP? Kini saatnya Anda mencoba sendiri di rumah untuk mengecek apakah TV yang digunakan dapat digunakan untuk menangkap saluran digital atau tidak. Jika TV masih tidak dapat menerima sinyal digital, gunakan konverter agar Anda dapat menikmati acara favorit.

  Kisah Sukses Perjuangan Seorang Pengusaha Gaun di Indonesia

Harga konverter ini cukup masuk akal, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Selain itu, ada juga kabar gembira bagi pengguna TV analog yang akan beralih ke TV digital. Pasalnya, pemerintah akan membagikan paket gratis secara bertahap di beberapa daerah.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Cara #Test #Digital #Pakai #Berikut #Langkahnya #Indonesia majikan pulsa Cara Test TV Digital Pakai HP, Berikut Langkahnya