Apa Saja yang Menjadi Persiapan Menyambut Ramadhan?

Apa Saja yang Menjadi Persiapan Menyambut Ramadhan?

Persiapan menyambut Ramadhan antara lain berpuasa sunnah, membersihkan diri dan lingkungan, meningkatkan ibadah dan spiritualitas, membiasakan diri dengan bacaan Al-Qur’an, dan mempersiapkan makanan sahur dan buka puasa yang sehat dan bergizi.

Makna Ramadhan

Bulan Ramadhan semakin dekat, bulan ini merupakan bulan ke-9 dalam penanggalan Hijriyah dan disebut dengan Sayyidusy-Syuhur atau penghulu segala bulan. Hal ini tertulis dalam hadits berikut.

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penguasa segala bulan. Jadi selamat datang padanya. Bulan Syam yang membawa segala macam keberkahan telah tiba. Maka betapa mulianya tamu yang telah datang.” (HR Ath-Tabrani).

  Kisah Cinta Romantis: Pasangan Ini Menikah di Tengah Hujan

Ustaz Ahmad Sarkasih mengatakan Ramadhan berasal dari kata Romad yang artinya panas atau menyengat. Karena panas di bulan Ramadhan lebih panas dari bulan-bulan lainnya. Imam Al Qurtubi menjelaskan dalam tafsirnya bahwa selama Ramadhan dosa-dosa digugurkan dengan amal saleh.

Namun, nama Ramadhan berasal dari kalender Hijriah tahun 412 M, ketika pertemuan petinggi lalu lintas Arab dan suku-suku di Mekkah memutuskan nama bulan untuk memfasilitasi perdagangan mereka.

Jadi, 12 bulan tersebut adalah: 1. Muharram 2. Shafar 3. Rabial-Awwal 4. Rabial-Tsani 5. Jumada Ula 6. Jumadal Tsania 7. Rajab 8. Syaaban 9. Ramadan 10 Syawal 11. Dulkadah dan 12. Dhul Hijjah .

Persiapan Ramadhan

Persiapan Ramadhan

Menyambut bulan puasa 2023, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk persiapan menyambut bulan Ramadhan. Apa yang harus dilakukan sebelum puasa Ramadhan dibagi menjadi agama dan non-agama. Datang dan cari tahu apa yang ada di bawah ini.

  7 Prinsip Etika dalam Islam yang Bisa Membangun Karakter Positif

Selama bulan suci Ramadhan, pahala Anda akan berlipat ganda, jadi sebelum berbuka puasa, Anda akan meningkatkan jumlah ibadah yang Anda lakukan. Selalu pastikan untuk berdoa 5 waktu sehari, Anda juga dapat melakukan hal-hal lain seperti menyumbang kepada yang membutuhkan, melakukan Jum’at yang diberkati dan membagikan makanan Sahr atau Buka Puasa kepada yang membutuhkan.

  • Kuatkan iman dan taqwa

Memperkuat iman dan taqwa menyambut bulan ramadhan merupakan persiapan yang sangat penting untuk menyambut ramadhan. Dalam Islam, iman merupakan hal yang paling mendasar yang harus dimiliki seorang muslim karena iman adalah iman kepada Allah SWT dan keamanan di dunia dan akhirat.

Seorang muslim yang beriman akan selamat dunia dan akhirat karena Allah SWT akan menolongnya sebagaimana tertulis dalam hadits Abu Hurairah:

  Rahasia Tersembunyi di Balik Software Ini Akan Membuat Hidup Anda Lebih Mudah dan Efisien!

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mencari pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).

  • Memperdalam ilmu agama seseorang

Sebagai persiapan menyambut Ramadhan, salah satu hal yang bisa dilakukan di bulan suci ini adalah memperdalam ilmu agama.

Memaksimalkan ilmu agama sebelum awal bulan puasa tahun 2023 akan menjadi bekal berpuasa, terutama dengan mengetahui berbagai amalan bulan suci ramadhan seperti sholat tarawih, hikmah puasa ramadhan, mengaji, mengamalkan SAYA. Melakukan tikaf dan zakat fitrah di masjid.

Menguatkan niat merupakan persiapan untuk menerima Ramadhan, karena ibadah yang utama adalah beribadah kepada Allah SWT dengan ikhlas dan bukan untuk niat lain melainkan untuk mencari Ridho. Pastikan kuatkan niat ibadah menghadap Allah SWT.

  • Persiapkan kesehatan jasmani dan rohani

Persiapkan kesehatan jasmani dan rohani

Saat berpuasa, satu hal yang berubah drastis adalah gaya hidup sehari-hari, tidak hanya pola makan tapi juga pola tidur. Tidak semua orang kuat menghadapi perubahan tersebut, namun puasa merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang muslim.

  Kisah Pilu Anak Jalanan: Mencari Cinta dan Kasih Sayang yang Hilang

Menyambut bulan Ramadhan dan berpuasa, jangan lupa persiapkan kesehatan jasmani dan rohani.

  • Pastikan Anda telah melunasi pinjaman sebelumnya

Hukum puasa di bulan Ramadhan adalah wajib, kecuali bagi orang-orang dengan kondisi tertentu, jadi jika puasa sebelumnya tidak penuh, maka pelunasan pinjamannya wajib.

Jika Anda melewatkan puasa Ramadhan, maka wajib untuk mengqodo’nya, kecuali bagi mereka yang memiliki kondisi tertentu seperti orang tua yang tidak kuat untuk berpuasa, mereka dapat mengqadhanya dengan membayar fidyah. Selain itu, beberapa kondisi yang bisa membatalkan puasa dan perlu diganti di kemudian hari adalah sakit, bepergian, haid dan setelah melahirkan.

Kewajiban membayar ganti rugi hutang puasa tertulis dalam ayat berikut:

“Dan barang siapa yang sakit atau dalam perjalanan (dan berbuka puasa), maka (berpuasa wajib atasnya) pada hari-hari selain hari yang dia tinggalkan.” (QS. Al Baqarah: 185).

  Inilah Keuntungan Menggunakan E-Wallet Bagi Para Pelaku UMKM

Nah, berikut beberapa hal non-religi yang bisa dilakukan untuk persiapan puasa Ramadhan 2023. Melakukan hal-hal berikut ini akan membantumu mempersiapkan puasa, yuk cari tahu apa saja itu!

  • Kembangkan kebiasaan bangun pagi

Puasa diawali dengan berbuka, membangun kebiasaan bangun pagi agar tubuh lebih cepat terbiasa sehingga tidak terlambat bangun sahur.

Mempersiapkan penerimaan Ramadhan berarti berlatih menahan diri, karena bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan yang penuh ampunan. Pastikan untuk menolak godaan seperti kemarahan, kecemburuan, dan tindakan lain yang dapat mengarah pada dosa.

Olahraga teratur bisa menjadi persiapan yang baik untuk bulan Ramadhan, karena membantu menyeimbangkan kondisi tubuh dan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat saat berpuasa.

  • Mulailah mempersiapkan kebutuhan selama bulan puasa

Dengan kesibukan yang Anda miliki dan pola harian yang baru menjelang bulan puasa, persiapan menyambut Ramadhan dapat mengumpulkan kebutuhan yang akan dibutuhkan selama bulan puasa, sehingga Anda tidak terburu-buru mempersiapkannya, Anda dapat memeriksa terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan. Sebaiknya tidak dilakukan sebelum bulan puasa.

  • Merencanakan menu Sahur dan Iftar

Hal yang paling sulit saat bulan puasa adalah menentukan menu sahur dan berbuka puasa, maka salah satu persiapan menyambut ramadhan adalah merencanakan menu makanan selama sebulan agar tidak bingung bahannya apa. Diperlukan dan pastikan pola makan sehat dan bergizi seimbang.

  • Persiapan hampers lebaran

Idul Fitri dirayakan setelah puasa dan parsel biasanya dibagikan. Untuk persiapan menyambut Ramadhan, Anda bisa merencanakan terlebih dahulu hampers apa yang akan disediakan dan di mana membelinya, serta kapan Anda bisa melakukan pemesanan. Melakukan ini akan membuatnya lebih mudah untuk menghindari terburu-buru.

  5 Film Indonesia Terbaru yang Siap Menggebrak Tahun Ini

 

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Apa #Saja #yang #Menjadi #Persiapan #Menyambut #Ramadhan majikan pulsa Apa Saja yang Menjadi Persiapan Menyambut Ramadhan?

Jelang bulan suci Ramadan, terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Selain mempersiapkan fisik dan mental untuk menjalankan ibadah puasa, juga penting untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan dan menu sahur/membuka puasa. Selengkapnya di Majikanpulsa.com.