12 Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya

12 Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya

Penyebab sering buang air kecil meliputi penyakit diabetes, infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, alergi makanan, obat-obatan, obesitas, masalah hormonal, stres, pola diet yang salah, masalah prostat, kehamilan, dan konsumsi alkohol. Cara mengatasinya adalah dengan mengubah pola diet, menghindari alkohol, berolahraga, menghindari stres, mengkonsumsi makanan sehat, dan mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan.

Penyebab sering buang air kecil ini sudah menjadi cerita yang sangat populer yang kita dengar. Tapi, tahukah Anda mengapa?

Selama awal kehamilan, janin dapat membuat hormon kehamilan. Satu hormon disebut human chorionic gonadotropin, yang diekskresikan dalam urin. Hormon ini menyebabkan ibu hamil buang air kecil terus menerus.

Selain itu, volume darah ibu hamil akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin. Produksi urine pun meningkat karena ginjal tentu harus mengolah cairan berlebih. Dan seiring pertumbuhan janin, kepala janin juga menekan kandung kemih di dalam rahim ibu hamil.

Baca juga :  ASUS Zenfone 10 Keluar dari Kategori Smartphone Ringkas?

Beberapa wanita sering mengalami nyeri, bengkak, dan peradangan pada vagina yang mempercepat proses buang air kecil.

Menopause ditandai dengan penurunan kadar hormon estrogen wanita. Karena hormon estrogen mendukung sisi kandung kemih, ketika rendah mendorong kandung kemih untuk lebih sering buang air kecil.

Sleep apnea dapat menyebabkan tubuh berhenti memproduksi hormon yang dapat menahan urin saat kita tidur. Kondisi ini tentu akan mendorong ginjal untuk buang air kecil terus menerus.

  • Gangguan kecemasan atau stres

Saat kita gugup, cemas, atau stres, kita mungkin tiba-tiba ingin buang air kecil. Hampir semua orang pernah mengalaminya bukan? Ternyata itu adalah bentuk respon tubuh terhadap kondisi mental kita.

Sering buang air kecil sering dikeluhkan, dan Anda bertanya-tanya apa hubungannya. Saat suhu terlalu dingin, tubuh tidak memproduksi keringat. Jadi, tubuh secara otomatis mengirimkan sinyal ke ginjal untuk mengeluarkan cairan melalui urine.

Indikasi penyakitnya adalah sering buang air kecil

Apa itu sering buang air kecil? Frekuensi buang air kecil yang melebihi batas normal ternyata bisa menjadi indikasi suatu penyakit! Yuk, cari tahu tentang penyakit sering buang air kecil lainnya di bawah ini!

Baca juga :  Manfaat Asmaul Husna Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bagaimana cara mengatasi sering buang air kecil pada wanita?

Tergantung dari penyebab sering buang air kecil, hal ini sering dialami oleh wanita. Baik itu gejala kehamilan, menopause, vaginitis. Untuk itu, cara mengatasi sering buang air kecil pada wanita akan dibahas di bawah ini.

  • Kenali penyebab sering buang air kecil

Cara mengatasi sering buang air kecil yang pertama adalah dengan mengenali penyebabnya. Hal ini akan mengingatkan kita bahwa kita harus selalu berhati-hati menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan menghindari penyebab sering buang air kecil.

  • Minumlah air yang cukup

Tidak boleh berlebihan untuk memenuhi suplai cairan tubuh. Itu sebabnya dianjurkan minum air putih sekitar 8 gelas sehari, yaitu 230 ml atau total 2 liter. Hindari juga minum air putih sebelum tidur.

  • Membatasi diuretik

Misalnya alkohol, kafein, soda atau pemanis buatan. Dengan membatasi minuman tersebut, hormon antikoagulan dapat bekerja dengan baik untuk memblokir kelebihan cairan.

  • Mengurangi kadar garam dalam makanan

Faktanya, garam dapat menarik banyak air, yang meningkatkan volume cairan. Karena itu, jumlah urin yang disaring oleh ginjal juga meningkat. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengurangi kadar garam efektif untuk mengekang kebiasaan sering buang air kecil di tengah malam.

  • Menjaga pola makan yang sehat dan teratur

Selain melindungi dari berbagai penyakit seperti maag dan diare, lebih baik makan makanan bergizi, yuk! Diet tinggi serat dan antioksidan akan menjaga fungsi sistem kemih.

Baca juga :  Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2023 - Anything Goes

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Penyebab #Sering #Buang #Air #Kecil #dan #Cara #Mengatasinya majikan pulsa 12 Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya