Tips Mengatur THR sebagai Modal Usaha yang Menguntungkan

260 views

THR untuk modal usaha

Tips Mengatur THR sebagai Modal Usaha
Modal Usaha dari THR – Pada saat Lebaran Idul Fitri tiba, umumnya kita menerima THR alias Tunjangan Hari Raya. Diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan hari raya, banyak juga yang memanfaatkan tunjangan hari raya sebagai modal untuk memulai usaha. Bisa juga THR untuk usaha jual pulsa murah lho.

Untuk Anda yang berminat melakukan langkah yang sama, pahami tips dan cara mengatur THR untuk dijadikan modal usaha berikut:

Cara Mengatur THR untuk Modal Usaha

1. Bagi THR sesuai Kebutuhan

Karena diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan di hari Lebaran, sudah semestinya dana THR yang dimiliki di-“jatah” terlebih dahulu untuk kebutuhan-kebutuhan primer di hari raya nanti. Mulai dari dana mudik, dana untuk konsumsi, hingga dana lainnya perlu dibuat daftar dan nilai kebutuhannya.

Jika dana THR masih tersisa, maka gunakan sisa ini sebagai modal usaha. Tapi, seringkali sisa dari dana THR ini sangat sedikit. Untuk itu, Anda bisa mengeliminasi dana-dana untuk kebutuhan yang bisa ditunda terlebih dahulu, dan utamakan kebutuhan utama serta modal usaha.

2. Mulai Hitung Modal yang Dibutuhkan secara Detail

Selain menghitung kebutuhan Lebaran dari THR, hitung juga kebutuhan modal usaha secara detail. Utamakan kebutuhan modal utama dan tunda modal usaha yang bersifat tambahan. Pertimbangkan biaya operasional yang akan Anda perlukan setiap bulan atau minggunya di luar dari modal tetap yang hanya dibutuhkan di awal usaha Anda. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan kebutuhan modal usaha dengan sisa uang THR yang dimiliki.

3. Pertimbangkan Tambahan Modal

Setelah jumlah modal yang dikumpulkan dan jumlah dana THR yang bisa dipergunakan untuk modal sudah diketahui, Anda mungkin perlu mempertimbangkan tambahan modal usaha. Menambah modal dari sumber dana lain bukanlah pilihan yang buruk selama semua perhitungan modal usaha sudah mendetail.

4. Selalu Siapkan Dana Cadangan

Hindari menghabiskan semua dana THR untuk dijadikan modal usaha. Selalu siapkan dana cadangan sebagai tabungan. Tentu sepanjang bulan Ramadan ada sebagian orang yang menggunakan tabungan cadangan untuk memenuhi kebutuhan, pulihkan dana ini menggunakan THR sebagai cadangan saat Anda memerlukan kebutuhan tak terduga.

5. Belum Siap? Investasikan Terlebih Dahulu

Setelah setiap elemen mulai dari kebutuhan Lebaran, dana cadangan, modal usaha, serta tambahan modal maka Anda sudah bisa menentukan apakah kondisi keuanganmu memungkinkan untuk memulai usaha atau mungkin saat ini belum tepat untuk memulai ide usaha yang Anda miliki. Untuk itu, tak ada salahnya untuk menunda sebentar keinginanmu memulai usaha dan menggunakan uang modal yang ada sekarang sebagai investasi untuk menambah nilai modal yang dimiliki di masa yang mendatang.

Itulah kelima hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menjadikan THR Lebaran sebagai modal usaha di tahun ini. Selain mematikan pengaturan dana THR yang tepat, pastikan juga Anda jeli mengamati peluang usaha agar modal usaha dari dana THR ini mampu berkembang dan bertambah nilainya.

Gallery for Tips Mengatur THR sebagai Modal Usaha yang Menguntungkan