Jadwal Offline Bank di Indonesia

14 views

Jadwal Offline Bank di Indonesia

Majikanpulsa.com – Seiring berkembangnya teknologi internet membuat segala kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan manusia menjadi lebih mudah, cepat dan juga praktis dan telah mencapai tingkat yang sangat memuaskan dimana untuk transaksi perbankan bisa dilakukan secara online dengan sangat aman.

Bank Central Asia (BCA) adalah bank pertama yang menggunakan internet banking untuk setiap transaksi keuangan nasabahnya di indonesia di ikuti bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) lalu disusul Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan beberapa bank swasta lainnya seperti Danamon, Cimb Niaga dan OCBC Nisp.

Internet Banking sendiri adalah suatu sistem berbasis website dan aplikasi yang telah diprogram dengan code terenskripsi dengan level keamanan paling tinggi sehingga sulit sekali membobol sistem internet banking tanpa adanya bantuan dari orang dalam.

Penggunaan perbankan secara online terdiri dari beberapa jenis yang sekarang ini semakin berkembang yaitu terdiri dari Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking dimana anda bisa melakukan segala transaksi keuangan anda mulai dari mengecek saldo akhir tabungan anda, mutasi transaksi dan beberapa fitur tambahan seperti pembayaran tagihan listrik, kartu kredit sampai pembelian pulsa untuk nomor hanphone anda.

Baca juga : Server Pulsa Murah Idaman Kita

Namun untuk fitur seperti pembelian / pembayaran dan pengiriman uang dengan menggunakan fasilitas internet banking anda harus memiliki Keypad atau sering disebut Token dan sebagian bank tidak menggunakan perangkat keypad / token melainkan menggunakan nomor handphone nasabah yang telah terdaftar sebagai perangkat penerima kode token yang nantinya digunakan untuk proses dari transaksi keuangan tersebut.

Dari semua kelebihan yang ditawarkan dari fasilitas internet banking dari masing-masing bank memiliki satu kekurangan yang tidak bisa dihindari yaitu untuk transaksi selain cek saldo mempunyai jadwal bank offline yang artinya pada jam tertentu anda tidak bisa melakukan transaksi seperti pengiriman uang ataupun cek mutasi karena sistem setiap harinya seperti melakukan maintenance untuk beberapa jam.

Berikut ini adalah Jadwal Offline Layanan Internet Banking Bank Indonesia :

  • Bank Central Asia (BCA)
    Bank BCA memiliki jam offline internet bank yang berbeda di hari tertentu saja yaitu Senin sampai dengan jumat anda tidak dapat melakukan transaksi perbankan pada pukul 21.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB dan untuk hari sabtu mulai offline pada pukul 19.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB dan di hari minggu tidak ada offline kecuali sedang terjadi gangguan jaringan.
  • Mandiri
    Bank Mandiri mempunyai jadwal bank offline setiap hari mulai pukul 22.45 WIB sampai jam 04.00 WIB.
  • Bank Negara Indonesia (BNI)
    Bank BNI salah satu bank yang tidak mempunya jadwal bank offline dan online 24 jam namun bank BNI rutin melakukan maintenance yang sering dilakukan pada pukul 00.05 WIB sampai dengan selesia pada hari yang tidak ditentukan.
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI)
    Bank BRI melakukan jadwal bank offline setiap hari yang dimulai pada jam 23.00 WIB sampai dengan 06.00 WIB
  • Danamon
    Bank Danamon merupakan salah satu bank swasta yang tidak mempunyai jadwal offline dan online 24 jam kecuali sedang melakukan maintenance sistem sama seperti bank BNI
  • Cimb Niaga
    Bank Cimb Niaga mulai offline pada jam 23:30 WIB sampai dengan jam 02:30 WIB setiap harinya.
  • OCBC Nisp
    Bank OCBC Nisp juga tidak mempunya jadwal bank offline, transaksi perbankan bisa anda lakukan 24 jam online nonstop kecuali sedang terjadi gangguan jaringan maupun maintenance sistem.

Jadi Jadwal bank Offline inilah kekurangan dari fasilitas Internet Banking indonesia yang tidak dapat kita hindari walau tidak semua bank tersebut mempunyai jadwal offline, namun dibalik kekurangan ini merupakan suatu keharusan yang wajib dilakukan agar sistem perbankan dapat berjalan dengan lancar dan tetap aman digunakan.

Catatan tambahan:
Jadwal ini hanyalah patokan dasar saja sebab terkadang bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dulu. Kadang bisa offline lebih cepat satu jam atau mundur satu jam. Ya namanya bank yang juga butuh maintenance, dsb jadi harap dimaklumi saja karena tidak ada sistem yang sempurna.